MUARADUA, metro7.co.id – Rencana pembelajaran tatap muka di lingkungan dinas pendidikan (Disdik) kabupaten ogan komering ulu selatan yang rencana nya akan di mulai pada tahun ajaran baru ini di tunda. Atas hal ini, proses kegiatan belajar mengajar di kabupaten OKU selatan di awal tahun ajaran baru ini masih akan di lakukan secara daring (Online)

 

Popo Ali Martopo, B. Com., mengungkap kan, keputusan ini di ambil setelah melihat kondisi terkini dari pandemi COVID-19. Dimana hingga saat ini kabupaten OKU selatan beradap pada zona orange setelah di pekan lalu sempat berada pada zona kuning. Terkait sekolah (kegiatan pembelajaran tatap muka), kalau memang kondisi nya seperti ini kita tunda dulu. Kita jelas kan  (kepada masyarakat) bagai mana kondisi saat ini, dan ini juga mengacu pada edaran dari mendagri  kata bupati saat rapat rencana pembelajaran tatap muka di ruang rapat terbatas pemkab OKU selatan, kamis (08/07/2021),

 

menurutnya, hari ini selain mengacu pada edaran dari pemerintah yang lebih tinggi dan melihat kondisi penyebaran Virus Corona, ini untuk melindungi anak anak atau siswa agar tidak tertular virus corona. Apa lagi, varian baru dari virus ini kini dapat menyerang berbagai kalangan umur tak hanya orang dewasa melainkan juga anak anak.

 

Di jelaskan nya, lebih dari satu tahun ini dunia, Indonesia termasuk kabupaten OKU selatan di terpa bencana non alam yang banyak membuat kesulitan di berbagai sendi kehidupan. Meski demi kian, bupati popo Ali mengajak agar semua elemen baik itu pemerintah, tenaga kesehatan hingga masyarakat untuk tidak menyerah melawan pandemi salah satu nya dengan di siplin menerapkan  protokol kesehatan.

 

satu tahun lebih ini tentu menjadi pengalaman untuk kita termasuk masukan dari berbagai instansi dan lembaga ini bisa kita jadi kan acuan untuk mengambil kebijakan mana yang terbaik untuk kemaslahan masyarakat di kabupaten OKU selatan, ujarnya.

 

Sementara mengenal kegiatan kemasyarakatan termasuk menyelenggaraan solat id, qurban hingga kegiatan sosial lain nya akan kembali dilakukan rapat lebih lanjut dengan pihak pihak terkait. Nanti secara detil kita rumus kan, ini akan kita kombinasi kan dengan kegiatan lain agar semua nya sepakat. Walau pun tidak semua senang, tapi minimal tidak menimbulkan gesekan di masyarakat, jelasnya.

 

Kepala dinas pendidikan kabupaten OKU selatan, Zurfakar Dhani, S. Sos., dalam kesempatan yang sama mengungkap kan, berdasar kan hasil rapat yang di lakukan april 2021 lalu rencana nya kegiatan pembelajaran tatap muka di kabupaten OKU selatan akan di gelar pada tahun ajaran baru ini. meski pun demi kian, hal ini tentu nya dapat berubah dengan melihat kondisi terkini di lapangan.

 

Sementara berdasarkan surat edaran mendagri beberapa waktu lalu tentang perpanjangan  PPKM dan oftimalisasi penanganan COVID-19 di nyatakan bahwa kabupaten/kota yang berada di Zona orange atau pun merah tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring.