MUARADUA, metro7.co.id – Sekretatis Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H M Rahmattullah menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka di Kabupaten OKU Selatan, Rabu (14/8).

Sekda sekaligus merupakan Bendahara Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten OKU Selatan pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dalam amanatnya, ia menuturkan, bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini membuat berbagai hal dapat dicapai dengan mudah.

“Bahkan, hal ini dapat menggerus semangat gotong royong dan nasionalisme bangsa. Untuk menghadapi persoalan tersebut, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini,” katanya.

Menurutnya, Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF, yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

“Sebagai organisasi Pendidikan nonformal, Gerakan Pramuka tidak hanya sekadar menangani character building, tetapi juga berperan aktif di bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat, diantaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada Tim SAR, melaksanakan kegiatan bakti seperti bedah rumah di berbagai penjuru tanah air, aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum dan sarana ibadah, serta sosialisasi hemat energi,” jelasnya.

Selain itu, ujarnya, Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi, memberikan pelatihan kepemimpinan kepada generasi muda secara berkelanjutan, mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka kontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan Gerakan Pramuka harus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.

Ia menyebut, sumber daya manusia yang dipersiapkan oleh Gerakan Pramuka merupakan yang berjiwa Pancasila, karena dididik dengan Fundamental Value Transformation Gerakan Pramuka, yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Dengan begitu, Pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045,” ungkapnya.