ASAHAN, metro7.co.id – Organisasi Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) sekarang sudah terbentuk di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Selasa (29/06/2021).

Rapat pembentukan dilaksanakan di Cafe Ifnu Sina Jalan Sisingamangaraja Kota Kisaran, yang dihadiri oleh beberapa Kabiro dan wartawan dari beberapa media cetak dan online yang berdomisili di Kabupaten Asahan.

Supri Agus terpilih sebagai Ketua DPC AWDI Asahan untuk periode 5 tahun ke depan. 

“AWDI di Asahan ini kita bentuk berdasarkan musyawarah dan mufakat serta berasaskan gotong royong, dan posisi kita mulai dari nol untuk membesarkan dan mengembangkan AWDI di Kabupaten Asahan ini,” ucap Supri Agus.

“Kita harus punya keyakinan jika kita mampu untuk mewujudkan cita-cita kita untuk menjadi insan pers yang berkarakter dan bermartabat, dan yang paling utama tujuan kita bentuk AWDI Asahan adalah untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan kita sesama para wartawan,” ucap Supri Agus lagi.

Masih penjelasan Supri Agus, AWDI adalah Organisasi yang dibentuk berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik tahun 1945, berdiri dan didaftarkan serta terinventarisasi oleh Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri (Kementerian Dalam Negeri), secara resmi pada Tahun 2000–2004, maka AWDI sudah berusia 20 tahun. “Namun, baru kali ini kita bisa bentuk di Kabupaten Asahan,” tukasnya.

Mengingat maraknya aksi teror sampai pengancaman kepada Insan pers, bahkan sampai mengakibatkan meninggalnya salah seorang wartawan senior di Kota Siantar, yang belakangan diketahui otak dan pelakunya disinyalir para sindikat dan mafia jaringan judi dan narkoba, yang merasa terganggu dan terusik dengan Pemberitaan Wartawan.

“Maka kita harus bisa bersatu melawan tindakan premanisme yang sering mengancam dan meneror para wartawan dalam melakukan kegiatan jurnalisnya, dan kita harus yakin jika dengan segenap kemampuan dan rasa persatuan yang kita miliki bersama, kita sebagai Pengurus AWDI Asahan bisa memberikan kontribusi yang positif kepada rekan-rekan sesama insan pers khususnya dan kepada masyarakat luas umumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, para peserta rapat yang sekaligus menjadi anggota AWDI Asahan, sangat antusias, jika Pimpinan AWDI Pusat dan Daerah pasti berusaha dan berjuang, bagaimana supaya Wartawan yang menjadi anggota AWDI Asahan ini, kedepannya bisa mendapat bimbingan dan arahan untuk bisa mengikuti tes Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan baik dan benar sehingga bisa dinyatakan lulus dan mendapat sertifikatnya.[]