NIAS BARAT, Metro7.co.id – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu yang turut didampingi oleh Wakilnya Dr Era Era Hia, Kadis PMD Fatiso Zai dan Kadis PUPR Yusuf Nache melaksanakan Rapat Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Desa bersama Camat se-Kabupaten Nias Barat, di Ruang Kerja Bupati, Rabu (9/2).

Pada pertemuan tersebut Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan, Dana Desa yang Rp 1 miliar per desa itu harus dikelola dengan baik dan terarah.

“Agar dana itu terkoneksi dengan visi misi Bupati dan Wakilnya, sehingga dapat bermanfaat serta mempercepat pelaksanaan kegiatan pembangunan,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Nias Barat menekankan juga kepada Camat se- Kabupaten Nias Barat agar mengakomodir setiap perencanaan pembangunan di masing-masing desa.

“Saya harapkan kepada seluruh bapak ibu camat agar yang diakomodir itu adalah setiap perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing-masing desa bukan sesuai kebutuhan sebuah kelompok. Masalah aksistensi dan master planya silahkan Koordinasi dengan dinas terkait, termasuk Dinas PUPR,” bebernya.

Ia berharap, semoga dengan adanya pembangunan di masing-masing desa, desa tersebut memiliki sebuah kemajuan dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas PMD Fatiso Zai mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut rapat koordinasi fasilitas perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2022.

“Perempuan ini bertujuan untuk menyelaraskan pelaksanaan pembangunan di wilayah Nias Barat,” pungkasnya.