NIAS BARAT, metro7.co.id – Dalam rangka pelaksaan Konfercab I DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Nias Barat di buka secara resmi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Elfira Hotmulani, Kamis, (06/08/2020).

Dalam arahanya Elfira Hotmulani mewakili Bupati Nias Barat menyampaikan, saat ini bahwa sektor pariwisata sedang mengalami perkembangan besar.

“Kita juga menyadari bahwa sektor pariwisata saat ini bukan hanya di pandang sebuah keinginan melainkan kebutuhan,” ujarnya.

Masih Kadis Pariwisata dan Pertanian, maka untuk itu Pemerintah Kabupaten Nias Barat merasa pembangunan dan pengembangan pariwisata perlu menjadi prioritas.

Pariwisata tidak terlepas dari perubahan dan dinamika antara yang satu dengan yang lainya. Maka dari situ setiap daerah berupaya untuk berlomba-lomba dan desain mengembangkan daerah destinasi yang layak diubah.

Lanjut, Kadis, pengembangan promosi dan pengadaan destinasi pariwisata tidak terlepas dari partisipasi dan peran center para penggiat atau pun para pelaku-pelaku pariwisata yang bertemu langsung dengan wisatawan maupun masyarakat yang berkunjung kesuatu daerah tujuan wisata.

Untuk merespon hal tersebut, Pemda Nisbar melalui dinas pariwisata telah berupaya dan berbagai strategis untuk
memajukan pariwisata yang menarik dan layak dikunjungi.

Salah satu instrumen pendukung adalah pembentukan pengurus lingkungan HPI yang mampu menjadi mitra strategis pemerintah untuk memajukan tempat pariwisata di Kabupaten Nias Barat.

Kadis Pariwisatan dan Kebudayaan, Elfira Hotmulani juga mengungkap bahwa pramuwisata tidak boleh di pandang sebelah mata karena merupakan ujung tombak salah satu instrumen penting dalam pengembangan pariwisata.

“Kedepanya saya juga berharap agar HPI dapat berperan aktif baik dalam ide-ide dan pemikiran penting dalam memajukan pengembangan pariwisata,” ucapnya sambil mengakhiri. *