NIAS UTARA, Metro7.co.id – Memasuki hari ketiga serbuan vaksinasi dosis 1 usia 6 hingga 11 tahun di wilayah Binaan Kecamatan Namohalu Esiwa, di SD Negeri no 280518 Orudua Desa Hilibanua, Kamis (13/1).

Vaksinasi yang terus gencar dilaksanakan oleh pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sangat berdampak positif bagi masyarakat.

Vaksinasi dosis 1 usia 12 tahun sampai dengan Lansia sudah mencapai 70 persen, maka pemerintah melanjutkan vaksinasi berikutnya bagi anak-anak usia 6 hingga dengan 11 tahun.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi tersebut, Babinsa Pos Ramil Kecamatan Namohalu Esiwa Sertu Alfian Erwin memberikan sedikit edukasi secara humanis baik kepada siswa maupun kepada orang tua yg mendampingi.

“Bahwasanya vaksin ini bukan menimbulkan penyakit, tetapi mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita.Vaksin memberikan kekebalan atau menambah imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit termasuk Covid-19,” ungkapnya.

Ia mengajak agar harus merubah mindset atau pola pikir, karena ia dengar terutama di daerah pedesaan, banyak isu-isu yang tidak jelas bahwa apabila kita disuntik vaksin, kita bisa lumpuh, atau bisa menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya.

“Hal itu informasi yang salah, jangan pernah kita dengarkan berita di sana sini, nanti sebelum di vaksin akan di check up oleh dokter, karena dokterlah yang akan menentukan bisa tidaknya seseorang divaksin,” jelasnya.

Alfian menambahkan, setelah vaksinasi ini nanti, kemungkinan pihak dinas pendidikan kabupaten Nias Utara akan memonitor dan mempertimbangkan pembelajaran secara penuh dengan tatap muka bagi anak-anak kita.

Selama ini sebelum vaksinasi dilaksanakan, kita tahu bersama anak-anak tidak bisa belajar secara maksimal berhubung ada pembagian shift.

“Mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu,sehingga kita masyarakat bisa melaksanakan kegiatan maupun aktivitas secara normal,” tutur Sertu Alfian Erwin Hulu.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Sekolah SD Negeri no.280518 Orudua Desa Hilibanua AT Harefa mengucapkan terima kasih baik kepada pelayan kesehatan maupun kepada Babinsa.

“Sebab selalu mendorong dan mengedukasi masyarakat atau anak-anak terutama dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi di wilayah,” pungkasnya.