TAPANULI SELATAN, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Dinas Ketapang membentuk kader ketahanan pangan sebagai bentuk kesiapan dan meningkatkan ketahanan pangan di era new normal pandemi virus corona.

Hal ini disampaikan Kadis Ketapang Tapsel, Elfrida Yanti Pakpahan dalam penjelasan laporan kegiatan.

“Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan di Tapsel agar pola ketahanan pangan dapat dilakukan dengan baik dan masyarakat bisa lebih kreatif dalam pengelolaan sumber pangan yang ada disekitarnya,” katanya.

Kegiatan ini diterapkan di 15 kecamatan dan masing masing kecamatan menghadirkan kader sebanyak 10 orang. ada kegiatan pengukuhan ini juga dihadiri oleh seluruh Camat yang ada di Tapsel, Kadis Kesehatan Khairunnisa, Kadis Pendidikan Amros Karangmatua.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapsel dalam sambutannya mengatakan bahwa sektor pertanian dan ketahanan pangan sebagai pondasi dasar pertahanan hidup.

“Sebagai salah daerah penyangga ketahanan pangan terbesar di Sumatera, kita harus tetap meningkatkan ketahanan pangan di era new normal pandemi virus corona yang melanda negeri ini, sebagai upaya penyelamatan perekonomian kita,” tuturnya.

Pengkab Tapsel juga tetap akan berupaya untuk membangun peningkatan ketahanan pangan dengan peningkatan dan penguatan pembangunan sektor pertanian seperti jalan usaha tani, jalan produksi, serta irigasi kecil yang sudah dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan tarap hidup masyarakat.

Setelah dikukuhkan, Bupati H. Syahrul M Pasaribu berharap agar seluruh kader pangan lebih bersinergi dan meningkatkan produksi ketahanan pangan di wilayah Tapanuli Selatan sebagai wujud dalam upaya penyelamatan perekonomian ditengah pandemi virus corona.

Masih dalam kesempatan itu, Bupati H. Syahrul M Pasaribu tidak bosan bosannya menghimbau agar seluruh masyarakat khususnya kader pangan tetap mengikuti protokol kesehatan dan menerapkan program pemerintah adaptasi kebiasaan baru, ditengah masyarakat nantinya, tetap pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. “Bila perlu jangan dulu ada yang kumpul kalau tidak penting, ini demi kesehatan dan keselamtan keluarga kita, untuk itu, kita harus sama – sama mencegah penyebaran virus corona(covid19),” katanya. *