TAPANULI SELATAN, metro7.co.id – Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu melantik Kepala Desa (Kades) Pengganti Antar Waktu (PAW) dari sejumlah desa, Senin (30/8/2021).

 

Dalam kesempatan itu, Dolly mengajak para kades untuk terus belajar, menguasai perundang-undangan dan tugas pokok sebagai pimpinan desa. Menurutnya, kades juga harus mampu menguasai data terkait potensi yang dimiliki desa, baik itu peluang, hambatan, maupun tantangan.

 

“Mampu memahami bahwa jabatan kades itu bukan jabatan raja yang harus dilayani oleh rakyatnya, melainkan kades itu adalah pelayan bagi masyarakatnya,” kata Dolly.

 

Dolly juga mengingatkan, kades memegang peranan penting dalam pemerintahan. 

 

“Para kades harus lebih peka terhadap segala persoalan sosial di wilayah desa masing-masing. Harus jadi orang pertama yang paling tahu persoalan di desa. Dan, kades harus dapat menjadi fasilitator bagi persoalan warga,” ujar Dolly.

 

Untuk mencapai itu semua, lanjutnya, perlu ada pemikiran yang jernih dan sentuhan yang lembut dari seorang kades. Mengingat, kades sebagai ujung tombak dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh warganya. 

 

“Untuk kades yang baru dilantik, kami mau pesankan, jangan lalai, tapi serius dan bersungguh-sungguhlah dalam melaksanakan tugas, agar tercipta kesejahteraan pada masyarakat,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, bahwa  kades yang dilantik itu adalah PAW berdasarkan SK Bupati Nomor : 188.45/543/kpts/2021 tanggal 23 Agustus 2021. Yakni, Musfa Gani Hasibuan sebagai Kades PAW Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, dan Azwar Anas sebagai Kades PAW Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais.[]