TAPANULI SELATAN, metro7. co.id – Junjung tinggi rasa persaudaraan dan gotong royong, masyarakat lingkungan 3 Sukarame Kelurahan Tapian Nauli Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, secara bersama Gotong royong untuk mendirikan rumah salah satu warganya Hotman Silaban (38) /Adven Dongoran (34), Kamis (1/9/2022).

Gotong royong tersebut atas kesepakatan Parsahutaon (satu kampung) Sukarame yang turut saling merasakan kesedihan pasca kejadian Musibah Kebakaran Rumah warga atas nama Hotman Silaban/Adven Dongoran pada hari Jum’at, (12/8/2022) lalu.

Salah satu warga yang turut serta dalam bergotong royong itu, Riduan Maruntung Situmeang mengatakan, bahwa kegiatan gotong royong ini adalah atas dasar kemanusiaan, apalagi satu kampung, sada paradaton(satu adat), tentu juga turut merasakan kesedihan atas musibah kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah salah satu warga.

“Maka secara pribadi kami sangat terpanggil untuk turut serta membantu melalui gotong royong ini, kiranya dapat meringankan beban keluarga yang terkena musibah, dan semoga hari ini juga rumah beliau dapat kita dirikan dan bisa langsung ditempati walaupun masih sangat sederhana,” kata Riduan.

Masih lanjut Riduan, gotong royong hari ini ada yang mengangkut kayu dan papan dari tempat ladang warga, ada yang mendesain Rangka rumah, ada yang membersihkan puing puing bekas kebakaran, sedangkan bagian kaum ibu ibu menyediakan makan dan minum yang secara bersama memasak ditempat ini.

“Intinya hari ini kita gotong royong sahutan(satu kampung) dan mengambil peran masing masing, dengan harapan hari ini bisa ditempati rumahnya,” tambahnya.

Sementara Kepala Lurah Tapian Nauli, Syarifuddin Talambanua, SH yang turut hadir dalam gotong royong itu, mengaku sangat mengapresiasi kebersamaan warganya yang ada dilingkungan Sukarame. “Ini adalah moment yang sangat indah dalam membangun kebersamaan, budaya gotong royong berat sama dipikul ringan sama dijinjing sudah sangat jelas tercipta ditengah masyarakat Sukarame, atas kejadian musibah kebakaran yang dialami salah satu warga kita,” kata Sarifuddin.

Atas nama masyarakat, Lurah, seklur, LPMK, Kepling, tokoh masyarakat, mengucapkan terimakasih atas sumbangan dan bantuan warga Lk.3 Sukarame dan warga Kel.Tapian Nauli, Organisi Gereja, Umat Muslim dari Nurul Iman Siopat Opat, Babinsa, Bhabinkamtimas,Camat dan Bupati Tapanuli Selatan baik materi dan bantuan gotong royong. “Sehingga rumah Hotman Silaban dapat diperbaiki hari ini,” katanya.

Sedangkan Hotman Silaban, nengaku sangat terharu dan menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dari semua warga dan masyarakat. “Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh elemen yang sudah turut serta meberikan perhatian atas musibah yang kami alami,” katanya.

“Kami tak dapat membalas kebaikan dari semua pihak, Tapi biarlah Tuhan sang Pencipta yang senantiasa membalaskan nya,” kata Hotman dengan tetesan Air mata rasa haru.

Tampak kekompakan dan semangat gotongroyong serta kerjasama warga lingkungan 3 Sukarame, meskipun ditemani gerimis hujan, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap mengerjakan Rumah tempat tinggal Hotman Silaban tersebut. ***