Tapanuli Selatan, Metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan Raih Juara I Lomba Penulisan profil daerah Tingkat Kabupaten/ Kota se provinsi Sumatera Utara yang digelar melalui via zoom meeting di ruang rapat Bupati Tapsel, Kamis(17/12/2020).

Bapati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, SH mengatakan bahwasanya kegiatan yang diselenggarakan oleh perwakilan bank Indonesia Sumatera Utara merupakan kegiatan yang sangat baik untuk memperkenalkan potensi daerah masing masing kabupaten/kota yang ada di provinsi Sumatera Utara, dalam hal potensi yang ada di daerah masing masing kabupaten, seperti Tapsel yang memiliki potensi dibidang pertanian, perkebunan, pariwisata serta pertambangan yang meliputi tambang Emas di batang toru, PLTA Batang toru yang kini sedang dibangun oleh investor melintasi tiga kecamatan yaitu kecamatan sipirok,kecamatan Marancar, dan kecamatan Batang toru”.

Kita juga mengharapkan para investor yang berpeluang masuk ke wilayah Tapsel harus bisa menciptakan suasana kondusif dan melaksanakan perizinan yang berlaku,mengikuti semua regulasi yang berlaku, serta harus tetap menjaga kelestarian Lingkungan ” kata Syahrul.

Selain itu juga, Bupati H. Syahrul M Pasaribu, SH menyampaikan bahwa pada tanggal 21 desember mendatang, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan menerima Penghargaan di Bidang penyelamatan Lingkungan berupa Kalpataru dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.karena pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan harus tetap terjamin demi kelestarian ekosistem sebagai warisan kepada anak cucu kita dimasa yang akan datang termasuk kehadiran PLTA yang akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 510 megawatt akan terjamin keberlangsungannya yang selalu membutuhkan air untuk terus mengalir sehingga menghasilkan energi listrik yang bisa dinikmati masyarakat”, Katanya.

Tapsel juga yang terdiri 36 kelurahan 212 Desa dan 15 Kecamatan akan terus kita dorong dari Pemkab untuk pelaku UMKM agar tetap menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan, sperti Kopi yang dikembangkan di kecamatan Sipirok, Marancar, Arse, Saipar Dolok Hole, Aek Bilah dan Angkola Timur.Home Industri Tenun dan batik Tapsel yang perkembangannya bertumbuh dengan baik dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini atas bimbingan bank Indonesia ” tambah Syahrul.

Dalam Zoom tersebut, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim mengatakan Lomba ini Mengusung Thema ” Mewujudkan Tersedianya Data dan Informasi Potensi Daerah yang Konprehensif dan Aktual “.serta bertujuan untuk mengumpulkan partisipasi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dimulai tanggal 9 sampai 30 November tahun 2020. Kita sangat apresiasi atas peran serta dan antusias yang sangat besar dari seluruh peserta lomba walaupun ini baru pertama kali kami selenggarakan di tahun 2020 ini”.kata Ibrahim.

Lanjut Ibrahim Lagi, Upaya penggalian potensi daerah belum bisa siap sepenuhnya karena peluang investasi tersebut adalah merupakan pekerjaan rumah yang tidak dapat segera diselesaikan, semua butuh proses,koordinasi yang erat dan mengikuti tahapan tahapan tertentu yang berkelanjutan, dan oleh sebab itu kami akan tetap mendukung upaya ini dengan menggelar Lomba ditahun tahun yang akan datang untuk memberi motivasi untuk kita semua, maka dengan ini saya mengajak kita semua agar terus berkarya dan terus melaksanakan kerjasama demi kemajuan Sumatera Utara”. Ucap Ibrahim.

Adapun para pemenang Lomba Penulisan Profil daerah tingkat Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara tersebut adalah Juara I (satu) Kabupaten Tapanuli Selatan, Juara II (dua) Kota Medan, Juara III (tiga) Kabupaten Labuhanbatu Utara, di urutan Juara Harapan I(satu) Kabupaten Nias Selatan, Juara Harapan II (dua) Kabupaten Tapanuli Utara, sedangkan kategori Karya terfavorit jatuh kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi, kategori Karya Terlengkap Jatuh kepada Pemerintah Kota Gunung Sitoli” tutp Ibrahim