ASAHAN, Metro7.co.id – Bupati Asahan H Surya didampingi OPD melihat langsung pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok anak usia 6 hingga 11 tahun di SDN 013845 Lestari Kecamatan Buntu Pane dan SDN 014733 Suka Makmur Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Selasa (11/1).

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sekolah tingkat dasar merupakan tindak lanjut dari arahan langsung dari Presiden RI pada beberapa waktu yang lalu tentang pemberian Vaksinasi Covid 19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun,” ungkap Bupati H Surya di sela-sela peninjauan pelaksanaan Vaksinasi murid di SD 013845 Lestari.

Bupati Asahan menjelaskan, pemberian vaksinasi anak ini juga tetap berpedoman pada petunjuk teknis pemberian vaksinasi dimana kondisi kesehatan anak harus benar-benar dipastikan aman untuk menerima vaksin Covid-19.

“Hal itu sesuai dengan amanat Menteri Kesehatan RI yang tertuang dalam Surat Keputusan No.HK.01.07/MENKES /6688/ 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok anak usia 06-11 tahun,” terangnya

Dalam pelaksanaannya nanti, lanjut Bupati Asahan, pihaknya akan selalu mengikuti petunjuk teknis dan hasil pemeriksaan dokter, artinya anak yang akan diberikan suntikan vaksin harus benar-benar memenuhi kriteria kesehatan yang ditetapkan.

H Surya juga menuturkan, pihaknya akan terus mengupayakan pelaksaan vaksinasi anak ini secepat mungkin. Hal ini dirasa sangat perlu mengingat pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka sudah mulai dilaksanakan.

“Hal itu sesuai petunjuk dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hanya anak yang telah terlindungi oleh vaksin covid 19 lah yang diijinkan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka,” ungkapnya.

Dirinya mengakui, tingkat literasi anak kita belakangan ini sangat merosot tajam, hal ini semakin diperparah oleh adanya kebijakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online yang dirasa sangat kurang efisien.

“Hal ini tentunya menjadi hambatan tersendiri dalam upaya kita untuk membangun dan mempersiapkan generasi emas utamanya di Kabupaten Asahan dimasa yang akan datang, nah dengan adanya vaksinasi ini mudah-mudahan anak-anak akan selalu sehat dan dapat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka dengan Aman dan nyaman,” pungkasnya.