ASAHAN, metro7.co.id – Perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, usai melaksanakan shalat Id, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyembelih hewan kurban sebanyak 113, terdiri 90 ekor sapi dan 23 ekor kambing dengan total lebih kurang 7 ribu bungkus, di taman alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran, tepatnya depan Masjid Agung H Achmad Bakri, Senin (17/6).

Hari Raya Idul Adha, identik dengan penyembelihan hewan urban, dimana pelaksanaan ini mengingatkan seluruh umat Islam tentang ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS.

Penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan Pemkab Asahan setiap tahunnya, diawali dengan menyembelih sapi dan kambing yang berasal dari Bupati Asahan beserta keluarga.

“Untuk tahun ini, di Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemkab Asahan menyembelih 90 ekor sapi dan 23 ekor kambing dengan total lebih kurang 7 ribu bungkus yang akan dibagikan kepada masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur,” kata Bupati Asahan, H Surya saat melakukan peninjauan langsung dilokasi penyembelihan.

Sambung Bupati Asahan , Selain itu BKM Agung H Achmad Bakrie Kisaran juga menyembeli 3 ekor sapi yang dagingnya juga akan dibagikan kepada masyarakat kota Kisaran.

H Surya mengungkapkan, hewan qurban yang disembelih hari ini telah melalui pemeriksaan kesehatan sehari sebelumnya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. Dan hewan qurban tersebut dinyatakan sehat oleh Dinas terkait. Bupati menambahkan.

“Jika ada hewan qurban yang tidak sehat, maka hewan qurban itu tidak diizinkan untuk disembelih,” ungkapnya.

Bupati berharap, semoga tahun yang akan datang jumlah hewan qurban yang disembelih dapat meningkat, sehingga lebih banyak masyarakat Kabupaten Asahan yang bisa menikmati daging qurban.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, semoga di Hari Raya Idul Adha ini kita dapat meningkat amal ibadah kepada Allah SWT,” pungkas H Surya.

Dalam peninjauan penyembelihan hewan kurban kali ini diikuti Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, Sekda Asahan, Jhon Hardi Nasution, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD dan ASN di Lingkungan Pemkab Asahan.