oleh

Nikahi Gadis di Bawah Umur, Aher Nasihati Bupati Garut

JAKARTA- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengaku sudah memanggil dan memberi nasihat kepada Bupati Garut Aceng Fikri lantaran menikahi gadis di bawah umur.
“Saya memanggil dan menasehati,” ujar Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan di Grand Hotel Sahid Jaya Jakarta, Jumat (30/11/2012).
Aher menjelaskan, secara perundang-undangan Aceng tak dapat diberikan sanksi, namun sikapnya yang menikahi gadis di bawah umur dan menceraikan setelah empat hari menikah sudah pasti akan mendapat hukuman secara moral.
Sebelumnya dalam jumpa pers yang digelar di kediamannya di Pendopo Garut, Jumat, 23 November 2012 lalu Aceng mengakui sudah menikahi FO dan menceraikannya empat hari kemudian melalui SMS.
Menurut Aceng, permasalahan tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan lima bulan lalu. Pernikahannya sendiri berlangsung pada 14 Juli 2012.
Dia menjelaskan ada permasalahan keluarga yang tidak mungkin diungkapkan ke publik terkait alasan percerainnya. Semua permintaan mantan istri, kata Aceng, sudah dipenuhi. Selain itu ada surat pernyataan yang ditandatangi oleh FO.
Aceng menilai permasalahan tersebut sengaja dimunculkan kembali oleh pihak tertentu. Hal ini  terkait posisinya sebagai bupati. Ada pihak yang ingin mempolitisasi permasalahan tersebut sehingga namanya jatuh. okezone