Desa Membangun Negeri
Jumat, 26 Nov 2021 09:39 WIB

Ombudsman Kalsel Jelaskan Konsep Propartif

Reporter :  Nurul Hayati - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BANJARMASIN, Metro7.co.id – Propartif adalah singkatan dari progresif dan partisipatif. Itu diterangkan dalam sosialisasi yang digelar Ombudsman RI Perwakilan Kalsel di Banjarmasin, Kamis (25/11).

Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel Hadi Rahman mengatakan, pelayanan publik merupakan wajah hadirnya negara. Oleh karena itu, pelayanan publik perlu terus diperbaiki, baik melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, sistem kerja, dan perubahan budaya kerja.

“Membangun pelayanan publik yang baik, salah satunya dapat dilakukan dengan cara propartif,” ujar Hadi saat memberikan kata sambutan.

Anggota Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya yang hadir dalam kegiatan itu menerangkan, progresif maksudnya mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan partisipatif karena melibatkan komunikasi dengan orang banyak.

“Propartif merupakan metode pendekatan ilmiah, bersumber pada segitiga emas pelayanan publik, bertumpu pada nilai-nilai keadilan serta bertujuan membangun kualitas pelayanan publik, performa komunikasi dan hubungan yang menyenangkan antara rakyat dan pemerintah,” terangnya.

Adapun ciri khas propartif, dipaparkan Dadan, yakni fokus pada nilai humanis, komunikasi para pihak, memudahkan eksplorasi emosi, fokus pada solusi produktif.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2