oleh

Operasi Ketupat Intan, Polres Siapkan Pos Pengamanan dan Pelayanan

-Kotabaru-15 views

KOTABARU – Polres Kotabaru menggelar Apel Gabungan Operasi Ketupat Intan 2019 di lapangan Siring Laut, Selasa (28/5/2019).

Apel ini diikuti anggota TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Basarnas dan lainnya ini hadir langsung Kapolres AKBP Suhasto, Dandim Letkol Inf Rony Fitriyanto, Danlanal Letkol Laut Guruh Dwi Yudhanto dan Sekda Said Akhmad.

Usai gelar pasukan Kapolres mengungkapkan dalam operasi ini Polres Kotabaru menyiapkan pos pengamanan dan pelayan. Seperti di kota ada pos pengamanan dan dan pelayanan untuk di penyeberangan.

“Kita hari ini melaksanakan gelar apel dalam rangka operasi ketupat intan serentak. Jadi untuk kotabaru sendiri kita nanti ada pos pelayanan dan pengamanan,” kata Suhasto kepada wartawan.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kotabaru untuk tidak menggunakan petasan dan sebagainya yang bisa mengganggu peribadatan menjelang akhir Ramadan mengingat ada malam lailatul qadar.

Sebelumnya dalam sambutan Kapolri Jendral Tito Carnavian yang dibacakan Kapolres mengatakan, Operasi Ketupat Tahun 2019, yang akan digelar selama 13 hari, dari Rabu (29/5/2019) dinihari sampai Senin (10/6/2019) memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun2019.

Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks.

Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri.

Berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme. Juga aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara.

“Permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019,” ujar Kapolres saat membacakan amanat Kapolri. ( metro7/syn).