oleh

Panen Raya, Bupati Sayed : Petani Harus Tetap Exist

-Kotabaru-220 views

KOTABARU – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus mengatakan sektor pertanian menjadi prioritas pembangunan Kotabaru.

Itu berdasarkan besarnya peluang dan potensi bisa dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Bupati Sayed, dalam sektor pertanian, padi menjadi salah satu komoditas unggulan daerah yang terus di kembangkan dan menjadi perhatian serius bersama, agar dapat membuahkan hasil panen yang harapkan.

“Peningkatan produksi tanaman pangan perlu terus kita tingkatkan setiap tahunnya baik dari segi kuantitas maupun kualitas mengingat dari tahun ke tahun kebutuhan pangan mengalami peningkatan sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk,” ucap Sayed saat panen raya di Desa Kulipak, Kecamatan Pulau Laut Timur, Senin (8/7).

Sehingga kata Bupati, dengan peningkatan produksi berarti mampu membangun ketahanan pangan yang kokoh di masyarakat dalam kondisi apapun dan mampu memantapkan ketahanan pangan di Kotabaru.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas apa yang dilakukan oleh bapak ibu petani yang telah dengan sangat baik bercocok tanam padi di lahan seluas 100 hektar di desa kulipak ini, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah dalam rangka peningkatan produksi padi,” katanya.

Bupati juga mengajak para petani untuk terus bersemangat dan senantiasa mengembangkan ilmu yang telah dimiliki. Hal ini menurutnya penting dalam rangka meningkatkan hasil produksi pertanian utamanya tanaman padi.

“Petani harus terus eksis dan senantiasa mengadakan pertemuan dengan anggota dan pengurus kelompok tani,” ujarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan Akhmad Asbili mengatakan salah satu kendala dalam pelaksanaan pilot project adalah musim, dimana terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga ada beberapa petak sawah yang tertutup.

“Pilot project 100 hektar ini merupakan kegiatan optimalisasi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian yang merupakan program dari Pemerintah Daerah,” katanya

Disela kegiatan, Bupati Kotabaru juga menggelar dialog tanya jawab bersama para kelompok tani yang ada di Kecamatan Pulau Laut Timur. (metro7/syn/rel).