Desa Membangun Negeri
Selasa, 22 Jun 2021 00:58 WIB

Pangdam XII/Tpr Buka Latsarmil Komponen Cadangan

Reporter :  Marwandi - Korwil Kalimantan Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

SINGKAWANG, metro7.co.id – Usai meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membuka Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan TA 2021 bertempat di Lapangan Apel Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Senin (21/6/2021).

Latsarmil Komponen Cadangan Matra Darat ini akan diikuti sebanyak 500 sukarelawan yang berasal dari wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut mengatakan, sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang berarti melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah.

Hal tersebut sejalan dengan isi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara. Di dalam Undang-Undang tersebut ditegaskan bahwa perlu dibentuk dan disiapkan sejak dini Komponen Cadangan untuk memperkuat Komponen Utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan kekuatan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan non militer.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2
Lewat ke baris perkakas