Desa Membangun Negeri
Selasa, 29 Jun 2021 19:34 WIB

Panitia Pilkades Desa Rulung Sari Natar Diduga Melanggar Permendagri 

Reporter :  Magel Hen - Kab.Pesarawan | Kota Bandar Lampung, Lampung
Editor :  M Ali Nafiah Noor

LAMPUNG SELATAN, metro7.co.id – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rulung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan diduga melanggar Permendagri. 

Hal itu diungkapkan salah satu warga kepada media ini, Selasa (29/6/2021). Warga yang enggan ditulis namanya ini menyebutkan, Panitia Pilkades Rulung Sari berisikan anggota aktif Badan Permusyawaratan Desa (BPD ).

“Karena sudah jelas  BPD yang membentuk  Panitia Pilkades dan anggota BPD tidak bisa menjadi anggota Panitia Pilkades. Tapi nyatanya, masih menjabat anggota BPD dan anggota Panitia Pilkades,” jelasnya.

Menanggapi laporan warga tersebut, Ketua WN 88 Unit 13 Provinsi Lampung Bustomi Marzuki, mengatakan, telah melakukan penelusuran dan mendapati memang ada pelanggaran administrasi terkait Pilkades Desa Rulung Sari.

“Menelusuri  info dari warga bahwa ketua BPD sekarang sudah ganti, dan Ketua BPD yang baru itu yang membentuk panitia pemilihan kepala Desa padahal sk nya belum terbit,” katanya.

Bustomi juga mengingatkan, penyelenggara Pilkades harus memperhatikan Permendagri no 112 tahun 2014. 

“Sudah jelas mengamanatkan BPD  diberi kewenangan membentuk panitia dan memberi SK panitia penyelenggara Pilkades dan Anggota BPD tidak bisa menjadi anggota panitia Pilkades. Ini untuk pembelajaran berdemokrasi yang baik,” ujarnya. 

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2