Home / Batu Licin (Tanah Bumbu)

Kamis, 13 Februari 2020 - 22:35 WIB

Panwascam Mantewe Butuh 12 Panwasdes dan Segera Buka Rekrutmen

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 0 kali

TANAH BUMBU – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Mantewe, membutuhkan sedikitnya 12 anggota panitia pengawas tingkat desa (PPDK).

Ketua Pengawas Pemilihan Kecamatan Mantewe, Komarudin saat di konfirmasi diruang kerjanya mengatakan, pihaknya akan segera membuka pengumuman pendaftaran panwaslu tingkat desa dan kelurahan yang dimulai dari tanggal 10 hingga 16 Februari 2020 mendatang.

Sedangkan, pendaftaran dan penerimaan berkas, kelengkapan berkas persyaratan administrasi, pemeriksaan keabsahan dan legalitas, hingga pelaksanaan tes wawancara, dijadwalkan dari tanggal 16 hingga 22 Februari 2020 mendatang.

Baca Juga :  Pelajar Tanam Bibit Transplantasi Karang , Selamatkan Masa Depan Pantai Tanah Bumbu

Komarudin juga mengatakan untuk berupaya lebih selektif memilih calon-calon Panwasdes dan mengoptimalkan standarisasi kompetensi, terutama kaitannya dengan pengetahuan pencegahan dan pengawasan agar dapat dilakukan secara maksimal, serta nantinya dapat meningkatkan kualitas dari hasil pengawasan yang dilakukan.

“Supaya nanti pengawasannya lebih maksimal dan optimal,” ujarnya

Dia juga mengutarakan, pengawas tingkat desa dan kelurahan sendiri dalam Pilkada tahun 2020 ini. Mereka turut membantu proses pengawasan yang dilakukan oleh panwascam. Setidaknya, ada beberapa hal yang menjadi tugas panwas di tingkat desa dan kelurahan nantinya.

Baca Juga :  32 Qori dan Qoriah Tanbu Ikuti Pemusatan Pelatihan

Misalnya, seperti pemuktahiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilihan Sementara (DPS), Daftar Pemilihan Hasil Perbaikan (DPHP), dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kemudian, pelaksanaan kampanye, perlengkapan dan pemilihan pendistribusian, hingga pelaksana pemungutan suara, dan proses penghitungan suara di setiap TPS.

“Pengumuman persyaratan sudah kami sampaikan di seluruh desa di wilayah Kecamatan Mantewe. Pendaftaran dan penyerahan berkas harus diserahkan di Sekretariat Panwascam,” tuturnya. (metro7/khairil)

Share :