oleh

Pasar Menambah Kas Desa

 RANTAU — Pasar desa memiliki potensi bagus yang dapat dikembangkan oleh aparat untuk meningkatkan pendapatan desa. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Tapin H Faturrahman SH MH belum lama tadi saat membuka acara sosialisasi Perda Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes di Kecamatan Candi Laras Selatan.

Dikatakan Fatur, jika pasar desa dikembangkan dan dikelola dengan baik, selain dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pelaku ekonomi, juga akan meningkatkan pendapatan kas desa.
Dicontohkan Fatur, sebuah desa di Kecamatan Candi Laras Selatan memiliki sebuah pasar yang cukup ramai aktivitasnya, dan sangat berpotensi menambah pendapatan desa, namun sayangnya belum sepenuhnya terkelola dengan baik.
“Dengan terbentuknya sarana pasar yang baik dan terkelola, diharapkan dapat menciptakan sebuah iklim ekonomi yang mampu tumbuh dengan baik, termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” lanjut Fatur.
Sementara itu, persoalan permodalan yang diungkapkan oleh warga, bisa dicarikan solusinya dari berbagai sumber, baik dari pemerintah, dari masyarakat sendiri, atau pun dengan mengajukan permohonan kepada pihak swasta, yakni para investor untuk menanamkan investasinya di kawasan desa,” ujar Fatur memberi saran.
Fatur berharap agar masalah permodalan ini, tidak membuat aparat desa menurunkan semangatnya untuk membangun dan memajukan desa, karena justeru hal ini menjadi penyemangat untuk memajukan desa.
Selain pengelolaan pasar, badan usaha lain yang dapat dikembangkan di desa, dapat berupa pengelolaan jasa, penyaluran sembako, serta perdagangan hasil pertanian dan rumah tangga. Metro7fit