oleh

Pasien Demam Berdarah di RSUD Tanbu Alami Penurunan Signifikan

BATULICIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai awal bulan Maret sampai tanggal 13 Maret 2020 telah manangani kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sebanyak 37 kasus.

“Sampai pertengahan bulan ini kami sudah menerima pasien DBD sebanyak 37 kasus, bulan ini mengalami penurunan yang sangat signifikan” Ujar Kapala Bagian Tata Usaha pada RSUD Tanah Bumbu, M Saleh, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/03/2020).

Dia mengatakan, pada awal tahun 2020 telah tercatat jumlah penderita DBD yang dirawat di rumah sakit tersebut sangat tinggi, dari januari sampai februari tercatat penderita sebanyak 272 kasus

“Untuk Bulan Januari tercatat 103 Kasus, untuk bulan Februari tercatat 169 kasus, untuk awal tahun tercatat sangat tinggi kasus DBD,” ungkapnya

Saleh menyebut, penurunan kasus DBD sampai pertengahan maret ini berkat Himbauan gerakan PSN yang dilakukan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu untuk masyarakat. Diantaranya gerakan 3M yaitu, menutup, menguras, dan mengubur. Selain itu, juga membangun hidup bersih dan sehat.

“Antara lain dengan gerakan 3 M, menguras tempat tempat air, menutup tempat penampungan air, kemudian mengubur barang bekas. Termasuk juga kemungkinan adanya sarang-sarang nyamuk dimana-mana, kemudian juga membangun hidup bersih,” kata Saleh. (metro7/khairil)