Desa Membangun Negeri
Rabu, 5 Agu 2020 16:15 WIB

Fasilitas Pertanian Belum Lengkap, Masyarakat Nawin Antusias untuk Swasembada Beras

Reporter :  Aidil Rifanor - Koordinator Kec. Haruai, Tabalong

TANJUNG, metro7.co.id – Animo masyarakat Desa Nawin Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong untuk menanam padi dua musim cukup tinggi, ini di buktikan dengan menghijaunya lahan sawah dengan tanaman padi unggul.

Metro7 menyambangi ke sawah Mawat RT 08 Desa Nawin. Bahrudin (50) seorang petani yang tergabung dalam kelompok tani Batu Pulut II mengatakan sangat tertarik untuk menanam padi 2 kali setahun, baginya ini peluang usaha baru untuk mengatasi sulitnya ekonomi sekarang ini. Mengandalkan dari tadah hujan, karena belum adanya mesin pompa mejadi keluhan petani.

“Saya sangat tertarik menanam padi unggul untuk menunjang sumber pendapatan selain menyadap karet sekarang ini, dengan mengandalkan tadah hujan dalam memenuhi akan kebutuhan air di sawah kami juga mengambil air dari embung yang kami sedot dengan mesin pompa kecil, ini bisa menambah pengeluaran kami dalam bertani karena harus membeli bahan bakar minyak lagi,” ujar Bahrudin.

Di tempat yang sama Sipli sebagai Ketua Kelompok Tani Batu Pulut II, mengatakan kepada Metro7 terkait minat masyarakat Nawin cukup tinggi, akan tetapi karena ketersediaan bibit padi yang terbatas, hingga 20 orang petani padi saja yang bisa menanam padi unggul saat ini.

Halaman: 1 2

CLOSE