oleh

Pawai Gelar Budaya Tabalong Diikuti Kelompok Sanggar Provinsi Tetangga

TANJUNG – Sebanyak 60 kelompok sanggar se Kalimantan meramaikan pawai Gelar Budaya Tabalong, Sabtu tadi.

Ketua Pelaksana Gelar Budaya, Masdulhak Abdi mengatakan bahwa terdapat 60 kelompok sanggar seni yang tersebar di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Setiap kelompok saling menggunakan kostum unik yang bertemakan budaya dan kearifan local yang ada di Kalimantan seperti baju adat, dan pakaian sehari-sehari yang kerap dipakai saat masyarakat Kalimantan berkativitas.

Bermula di pendopo, para iring-iringan gelar budaya ini melakukan pawai di sepanjang jalan protocol menuju tanjung expo center.

Dan pada saat di Tanjung Expo Center, peserta mulai menunjukan keahlian dan atraksi seperti menari dan bernyanyi.

“Gelar ini yang kedua, dan ini betuk kita untuk saling mempromosikan seni dan budaya yang ada di Kalimantan,” kata Masdulhak.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani yang melepas pawai ini mengaku sangat tersanjung karena diikuti oleh sanggar seni dari provinsi lain, seperti Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

“Hari ini kita membuktikan ternyata Kalimantan ini tidak sedikit seni budayanya, dan menunjukan kesiapan kita dari segi seni budaya bahwa kita mendukung Kalimantan timur sebagai ibu kota negara,” kata Anang.

Anang berharap gelar budaya ini nantinya juga bisa menjadi agenda pariwisata nasional. (metro7/hrd)