Desa Membangun Negeri
Kamis, 25 Nov 2021 11:20 WIB

PD Inaker Bangka Tekankan Harmonisasi Sektoral di Teluk Kelabat

Reporter :  Yulian Andryanto - Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BANGKA BELITUNG, Metro7.co.id — Ketua Pengurus Daerah (PD) Inaker Bangka, Leonardo, mendukung penuh optimalisasi pemanfaatan sumber daya timah di perairan Teluk Kelabat yang terletak di perbatasan dua kabupaten, yakni Bangka Barat dan Bangka.

Ketika diwawancara Rabu (24/11/2021) siang, Leonardo berkata dalam konteks legal formal, PT Timah Tbk memang memiliki hak untuk mengelola Wilayah Izin Usaha Produksi (WIUP) miliknya di perairan tersebut sesuai koridor regulasi yang diatur.

Namun, kendati begitu, ia juga ingin adanya sinergi lintas sektor antara pertambangan dengan perikanan, mengingat perairan Teluk Kelabat termasuk sebagai wilayah tangkap bagi nelayan setempat.

“PD Inaker Bangka pada prinsipnya mendukung optimalisasi SDA di Teluk Kelabat oleh PT Timah, karena memang sesuai aturan yang berlaku, ya. Tapi sebisa mungkin juga harus saling bersinergi dengan sektor lainnya seperti perikanan,” kata Leonardo.

Ia menambahkan, butuh keseriusan dari para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk duduk dalam satu meja, agar harmonisasi pemanfaatan ruang ekonomi di perairan Teluk Kelabat dapat tercapai.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2