Desa Membangun Negeri
Senin, 30 Nov 2020 09:30 WIB

Pegawek Bubus di Bale Beleq Berlangsung Khidmat

Reporter :  Sulfi - Kab.Lombok Timur, NTB
Editor :  M Ali Nafiah Noor

LOMBOKTIMUR, metro7.co.id – Acara Gawe Adat Bale Beleq Palung Marina yang digelar setiap tahunnya mengandung makna dan tradisi yang sangat sakral. Dimana pemangku dan masyarakat mengadakan acara ritual tersebut sebagai rasa syukur kepada tuhan yang maha esa (Alloh SWT) atas karunia yang diberikan dan untuk menghindari bala, sehingga acara tersebut dikatakan juga sebagai adat bebubus.

Terlihat masyarakat yang hadir juga tidak hanya dari masyarakat setempat namun banyak juga dari luar desa bahkan dari luar kabupaten Lombok Timur.

Salim salah satu warga menuturkan bahwa Ritual Adat yang di gelar pada hari ini dan tahun-tahun sebelumnya adalah suatu perwujudan rasa syukur dan sebagai bentuk menghormati para leluhur yang telah meninggalkan budaya adat istiadat sehingga kita mampu menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan saling menghargai antar sesama.
“Inilah adat budaya yang baik peninggalan leluhur hsrus tetap dilestarikan jangan sampai punah,” tururnya, Minggu (29/11/2020).

Sementara itu, Muhammad Ali, selaku Pemangku Bale Beleq Palung Marina Desa Pejaring Kecamatan Sakra Barat Lombok Timur mengungkapkan bahwa ritual adat (Bebubus) ini sebagai acara turun menurun dari leluhur dahulu untuk bisa terhindar dari bala atau bahaya. Apalagi saat ini negara kita berada pada pandemi Covid -19 perlu dan penting agar semuanya bisa keluar dari virus ini.

Halaman: 1 2 3

CLOSE
meritroyalbet güncel giriş -

holiganbet yeni adresi

-
betgaranti yeni adresi