Desa Membangun Negeri

Home / Amuntai (HSU) / Kalimantan Selatan (Kalsel)

Rabu, 12 September 2012 - 03:05 WIB

Pelayanan e-KTP Dibukan Hingga Malam Hari

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 2 kali

AMUNTAI — Karena target rekam data e-KTP direncanakan harus rampung bulan Oktober 2012, Pemkab HSU berupaya menambah jam pelayanannya sampai malam hari.
Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcatpil) Hulu Sungai Utara (HSU), Drs M Noor Khairil, penambahan jam layanan adalah untuk mengejar target rekam data yang direncanakan rampung Oktober mendatang.
“Untuk memberikan layanan rekam data warga yang kesulitan mendatangi tempat layanan pada siang hari, maka kami tambah layanan hingga malam hari. Baik langsung di Kantor Dinas Dukcatpil maupun di kecamatan,” ujarnya.
Kebijakan ini diambil mengingat pencapaian rekam data baru hingga kini baru mencapai 30% dari sisa waktu yang hanya tersisa satu bulan
Namun untuk layanan malam di kantor kecamatan, baru tiga kecamatan yang bisa melaksanakan, yakni Kecamatan Amuntai Tengah, Babirik dan Haur Gading.
Sedangkan di Kantor Dukcatpil HSU sendiri bisa menerima wajib KTP hingga di tiga kecamatan terdekat, yakni Amuntai Tengah, Amuntai Selatan dan Utara.
Untuk jam malam, Dukcatpil memberikan layanan tambahan dari pukul 20.00 WITA sampai dengan pukul 23.30 WITA.
Khairil menambahkan bahwa kantor kecamatan yang turut memberikan pelayanan rekam data pada malam hari, karena banyaknya jumlah wajib KTP dibanding kecamatan lain
Selain itu, warganya yang kebanyakan berprofesi sebagai PNS, karyawan dan pedagang juga menjadi pertimbangan untuk ditambahnya jam pelayanan e-KTP sampai malam hari.
Karena yang bersangkutan tidak tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendatangi tempat pelayanan rekam data e-KTP pada jam kerja biasa.
Sehingga dengan adanya layanan e-KTP pada malam hari ini bisa menjadi solusi bagi warga yang tidak bisa mendatangi tempat perekaman e-KTP pada siang hari.
Khairil menambahkan, meski pencapaian baru 30 persen, namun bukan berarti warga kurang anusias atas pelayanan siang hari baik di Kantor Dukcatpil HSU maupun di seluruh kantor kecamatan.
Namun kebijakan layanan malam ini lebih disebabkan karena mendesaknya sisa waktu yang ditargetkan, membuat pihaknya menambah jam layanan tersebut.
Pihak Dukcatpil akan menggelar pelayanan malam untuk rekam data ini hingga minggu pertama Oktober yang diharapkan bisa memenuhi target.
Pelayanan saat malam tersebut sudah dimulai seusai lebaran kemaren dan setiap harinya pihak Dukcatpil HSU mampu melayani hingga rata-rata 400 wajib KTP dari pagi hingga malam.
“Mudah-mudahan dengan ditambahnya jam pelayanan hingga malam untuk perekaman data e-KTP ini dapat mencapai target untuk wajib KTP sendiri,” tutupnya. Metro7/Ayie

Share :