Desa Membangun Negeri
Kamis, 14 Okt 2021 10:25 WIB

Pemdes Diminta Komitmen Rawat Aset Pamsimas

Reporter :  Fabianus Bria - Kab. Malaka - NTT
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MALAKA, metro7.co.id – Kepala desa harus dapat mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan aset yang telah dibangun Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

 

Hal tersebut disampaikan tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Malaka Yohanes Manek Besik dalam bimbingan teknis penguatan kapasitas Pamsimas Kabupaten Malaka, Selasa (12/10/2021) di Hotel Ramayana Betun.

 

“Di desa itu ada bentuk Kelompok Pengelola Sarana dan Prasarana Air Minum dan Sanitasi (Kapispam). Tapi, kelihatannya mereka seperti mati suri, tidak bisa bergerak karena tidak ada biaya operasional,” kata Yohanes.

 

Ditambahkannya, dana desa yang dialokasikan untuk pemeliharaan aset-aset fisik yang dibangun Pamsimas harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa dengan memperhatikan tingkat kerusakan yang ada.

 

“Jadi tidak ada standar baku yang ditetapkan dan semuanya diputuskan melalui mekanisme musyawarah di desa. Intinya ada niat yang baik dari desa untuk mendanai itu melalui anggaran pendapatan belanja desa dan regulasinya itu mendukung,” tandasnya.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2