Desa Membangun Negeri
Kamis, 10 Sep 2020 10:10 WIB

Pemdes Penujah Gunakan Sisa BLT DD untuk Infrastruktur Desa

Reporter :  Iman Raharso - Kab. Tegal, Jawa Tengah
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

TEGAL, metro7.co.id – Pemerintahan Desa (Pemdes) Penujah Kecamatan Kedungbanteng telah menyalurkan sebanyak 3 kali Dana BLT (Bantuan Langsung Tunai ) DD (Dana Desa) Tahun 2020 kepada 187 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Pemerintahan Desa juga telah menyalurkan bantuan lain seperti bantuan yang bersumber dari APBN I, APBD I, APBD II, Sembako Covid, PKH, serta BLT Covid.

Perlu diketahui, Pemerintahan Desa Penujah mengalokasikan 30% dari jumlah total bantuan Dana Desa Tahun 2020 untuk pembagian BLT DD. Untuk mekanisme pencairanya dibagi dalam 3 tahap. Dari pencairan awal dana desa tersebut telah digunakan untuk penanganan awal pencegahan covid-19 seperti pengadaan posko gugus tugas, pembelanjaan alat semprot, sisanya digunakan untuk pembangunan sarana infrastruktur seperti pembuatan Talud, Drainase dan Pavingisasi jalan desa.

Pernyataan tersebut disampaiakan oleh Kepala Desa Penujah, Daryo, saat metro7 bertandang di Kantor Balai Desa Penujah, Rabu (9/9/2020) pagi.

“Alhamdulillah untuk penyaluran BLT Dana Desa di Desa Penujah kondusif, sebanyak 187 KPM sudah menerima bantuan langsung uang tunai sebesar 600 ribu. Saat ini sudah tiga kali penyaluran, sedangkan sisa dari anggaran tersebut telah dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur desa. Itu berdasarkan hasil rembug Pemerintahan Desa dengan Warga,” ucap Kades. ***

Halaman: 1 2

CLOSE