oleh

Pemenang I Atak-Diang Dijadikan Duta Wisata

MARABAHAN-  M Nasri dan Ani Misriati Atak – Diang Batola 2014 pada Malam Grand Final Pemilihan Atak dan Diang Kabupaten Barito Kuala (Batola) Tahun 2014, Rabu (27/08) malam, menghasilkan para pemenang. Juara I Atak, diraih Muhammad Nasri dari Kecamatan Marabahan sedangkan juara I Diang diraih peserta dari Kecamatan Barambai Ani Misriani.
Sementara itu Wakil I Atak diraih Tandri Juanda Akbar dari (Marabahan), Wakil I Diang Ana Saidatunnisa (Marabahan), Wakil II Atak M Ridhani (Marabahan), dan Wakil II Diang Nur Izzah (Anjir Pasar).
Selanjutnya, untuk juara harapan I, II, dan III Atak ditempati Sukma Fahlevi (Marabahan), Yadi Heryanto (Alalak), dan Afriadi Khairul Mahvis (Marabahan). Sedangkan juara harapan I, II, dan III Diang ditempati Siti Intania Mairudi (Marabahan), Mira Novita (Alalak), dan Yulia Aziza (Kuripan).
Para pemenang diberikan hadiah trophy, piagam dan uang dengan nilai bervariasi. Khusus pemenang I Atak dan Diang selain dijadikan sebagai Duta Wisata Batola Tahun 2014 juga berhak mewakili Batola pada lomba Nanang dan Galuh (Naga) pada tingkat Provinsi Kalsel mendatang.
Pemilihan Atak dan Diang Batola ini juga diselingi dengan lounching desain motif batik khas Bakumpai yang diisi peragaan busana.
Bupati Batola H Hasanuddin Murad menekankan, setiap peserta yang dipilih sebagai pemenang pada evan pemilihan Atak dan Diang ini hendaknya memenuhi syarat paling tidak mengerti Bahasa Bakumpai, mengingat ajang ini merupakan simbol dari masyarakat Bakumpai.
Mantan anggota DPR RI ini juga menilai pemilihan Atak dan Diang memiliki nilai sangat strategis sebagai salah satu sarana menanamkan dan memotivasi, khususnya generasi muda agar turut berperan aktif dalam pelestarian adat dan budaya suku Dayak Bakumpai yang merupakan warisan identitas jati diri bangsa yang tak ternilai untuk ditanamkan, dimaknai dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari serta dipromosikan ke masyarakat luas. (Metro7/Humpro Batola)