Desa Membangun Negeri
Minggu, 25 Okt 2020 19:01 WIB

Pemerintah Diminta Perhatikan Keamanan Vaksin Covid-19

Reporter :  Rachmi Nafissa Ramadhan - Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan
Editor :  M Khairil Ismitullah

 

TANJUNG, metro7.co.id – Setelah berjuang menghadapi beberapa bulan di kondisi pandemi Covid-19, vaksin menjadi angin segar yang digadang-gadangkan akan menjadi garis finish perjuangan melawan virus tersebut. Seperti yang diketahui bahwa pemerintah telah melakukan finalisasi pembelian vaksin untuk Covid-19 dari tiga produsen. Akan tetapi, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) juga meminta agar pemerintah tidak tergesa-gesa dalam melakukan vaksinasi Covid-19, Jum’at (23/10/2020).

Dikutip dari kompas.com, Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono menilai bahwa beberapa kandidat vaksin tersebut masih berada di tahap uji klinis fase 3, yangmana artinya belum ada jaminan kalau vaksin itu akan lolos uji klinis fase 3 dan aman bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan keamanan dan kesiapan vaksin Covid-19 ini karena menyangkut kemaslahatan dan kepentingan orang banyak.

Pakar Virologi FKKMK UGM, M. Saifudin Hakim juga meminta kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) untuk memperhatikan tingkat safety yang baik terkait vaksin Covid-19. Sebelum vaksin tersebut disebarluaskan ke masyarakat luas di seluruh Indonesia karena apabila BPOM menjalankan tugasnya dengan baik, mudah bagi pakar dan akademisi untuk menjelaskan tingkat keamanan vaksin Covid-19 ini kepada khalayak.

Halaman: 1 2

CLOSE
meritroyalbet güncel giriş -

holiganbet yeni adresi

-
betgaranti yeni adresi