Desa Membangun Negeri
Selasa, 29 Des 2020 17:17 WIB

Pemkab Malteng Santuni Pedagang Kecil

Reporter :  La Amsuri - Kab. Maluku Tengah, Maluku
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MALTENG, metro7.co.id – Pedagang kecil merupakan pelaku usaha yang merasakan sekali dampak pandemi covid-19. Tidak sedikit dari mereka harus banting setir dan gulung tikar.

Sarni contohnya. Sebelum covid-19 menyerang, wanita 28 tahun itu menjajakan nasi kuning. Karena harus beraktivitas di rumah, ia pun beralih menjadi penjual es batu di rumah saja.

“Suami saya kebetulan nelayan. Jadi, es batu itu kita jual untuk nelayan yang melaut untuk pengawet ikan,” katanya.

Nasib serupa juga dialami Cecen (37). Ia biasanya berjualan roti bakar. Sejak merebaknya virus corona di Kabupaten Maluku Tengah, Cecen tak lagi punya penghasilan. Cecen pun berharap pandemic segera berlalu.

“Jumlah korban yang jatuh pun berkurang dan masyarakat makin disiplin menaati anjuran pemerintah,” ucap Cecen berharap.

Kondisi pedagang kecil demikian tak luput dari perhatian pemerintah. Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua menyatakan, pedagang roti, nasi kuning, bahkan pedagang sayuran masak merupakan salah satu kelompok masyarakat yang layak untuk memperoleh bantuan.

“Omzet mereka sudah barang tentu mengalami penurunan yang drastis dengan adanya pandemi covid-19,” kata Tuasikal Abua saat menyerahkan bantuan sembako kepada para pedagang di pendopo Baileo Soekarno, Senin (28/12/2020) pagi.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas