Desa Membangun Negeri
Selasa, 27 Jul 2021 11:46 WIB

Pemkab OKU Selatan Bahas Raperda Baru

Reporter :  Kohar Muzakar - Kab. OKU Selatan, Sumatera Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MUARADUA, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melakukan pembahasan terkait rencana penyusunan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung di Ruang Rapat di Ruang Rapat Asisten II, Senin (26/07/2021).

Hermansyah Said, S.Ip Asisten Bidang perekonomian dan pembagunan menyampaikan, pembentukan Raperda ini untuk menentukan payung hukum selain menentukan besarnya retribusi yang akan disepakati serta perubahan Perda Retribusi IMB menjadi Perda Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Untuk itu, dia berharap, agar pihak Dinas PU untuk menindaklanjuti hasil dari rapat kali ini. Batas mengubah perda IMB menjadi PBG yaitu tanggal 2 Agustus 2021 jadi kepada PU untuk menindak lanjuti Perda tersebut, ujarnya.

Dia menegaskan, Dinas PU merupakan leading sector dari retribusi ini harus menyiapkan Perda baru yaitu PBG.
Sebagai informasi, PBG adalah perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 16 Tahun 2021 tentang pelaksanaan peraturan Undang-undang Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2
Lewat ke baris perkakas