Desa Membangun Negeri
Minggu, 14 Feb 2021 19:06 WIB

Pemprov Sulbar Diminta Libatkan Masyarakat dalam Proses Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa

Reporter :  Ansar Arif SOfyan - Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MAMUJU, metro7.co.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, diminta melibatkan masyarakat dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi, pasca gempa berkekuatan 6,2 Magnitudo yang mengguncang daerah ini, Jumat (12/2/2021) lalu.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah. Menurutnya, pelibatan masyarakat dalam pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi, bertujuan mendorong efek lanjut, karena warga yang terdampak langsung dengan sendirinya akan menerima dampak ekonomi.

“Selanjutnya, dengan melibatkan warga dalam kerja rekonstruksi akan mendapatkan dampak lain, masyarakat yang bekerja untuk kebutuhan rehabilitasi tentu akan mengutamakan kwalitas pekerjaan, selain lebih efektif dibandingkan dengan mendatangkan pekerja dari luar, “ kata Usman melalui pesan singkat kepada wartawan, Sabtu (13/02/2021).

“Oleh karena itu, pemerintah daerah harus konsisten mempertimbangkan pelibatan warga setempat. Pekerjaan kontruksi yang tidak terlalu memerlukan teknologi dan membutuhkan tenaga ahli, maka pemerintah daerah perlu memikirkan untuk menggunakan pola swakelola atau padat karya,“ sambung Usman.

Menurut Usman, pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi menjadi kewajiban pemerintah untuk dilaksanakan secepatnya, sebagaimana diatur dalam ketentuan kebencanaan yang berlaku secara nasional.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas