Desa Membangun Negeri
Minggu, 13 Sep 2020 21:56 WIB

Pemuda Pancasila Sinjai Tengah Bantu Warga Gantarang Bersihkan Saluran Air di Hutan Bukit Bungeng

Reporter :  DBG Rasyid - Kota Makasar, Sulawesi Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BALANGNIPA, metro7.co.id – Warga Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, mengambil air bersih dari hutan Bukit Bungeng. Air dialirkan dengan saluran. Saluran kotor, air bisa tak sampai ke rumah warga. Membersihkan saluran perlu gotong royong menyusuri hutan Bukit Bungeng.

Bukit Bungeng memiliki ketinggian sekitar 4000 meter. Saluran air Desa Gantarang mengaliri rumah warga di tiga dusun. Membersihkan saluran harus menelusuri bukit terjal, berliku dan menanjak hingga mencapai 2000 meter. Masyarakat Ganarang membersihkan saluran tersebut pada Sabtu (12/9/2020). Meringankan beban warga setempat, Pemuda Pancasila Kecamatan Sinjai Tengah turun rangan.

Kepala Desa Gantarang, Insan, kebetulan juga Ketua Pemuda Pancasila Sinjai tengah. Ia menuturkan, warga melakukan pembersihan saluran air tiga kali dalam seminggu, Kamis, Sabtu, Minggu. Itu sudah berlangsung dalam dua minggu terakhir.

Insan menurunkan 40 anggota Pemuda Pancasila untuk membantu warga, sekaligus menjalankan program kerja mereka dalam hal aksi sosial. “Alhamdulillah air bersih yang diharapkan sudah mengalir lancar, meski sebagian pipanya sudah tertanam hingga mencapai 2000 –an meter. Dan keberadaan Pemuda Pancasila, juga turut memberi semangat warga setempat,” tandas Insan.***

Halaman: 1 2

CLOSE