oleh

Pengolahan Sawah dan Tanggul Terus Digenjot, Danrem Gelorakan Sinergitas

METRO7.CO.ID, MARABAHAN — Sampai saat ini persiapan lahan pertanian rawa lebak di kawasan Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Oktober 2018 terus digenjot.

Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya menjelaskan, hingga tanggal 21 Juli 2018, untuk pengolahan persawahan, dalam hal bajak sawah di areal 240 hektare sudah tergarap 205 hektare dan sudah ditanam 103 hektare.

“Sedangkan areal seluas 510 hektare sudah tergarap 215 hektare, yang ditanam 196 hektare, serta yang belum digarap 235 hektare. Sedangkan untuk penaburan kapur sudah terealisasi di 47,5 hektare dari target 117 hektare,” terangnya kepada Metro7, Senin (23/7/2018).

Untuk pembuatan tanggul besar di lahan seluas 240 hektare ditarget 18,7 kilometer sudah tercapai 15,9 kilometer dan tanggul kecil yang ditargetkan 10 kilometer sudah terealisasi 7,3 kilometer.

“Di lahan 510 hektare, tanggul besar yang ditarget sepanjang 42 kilometer sudah tercapai 15 kilometer dan untuk tanggul kecil terealisasi 5 kilometer dengan target 27 kilometer,” ujar Putrajaya.

PEMBUATAN POSKO UTAMA

Orang nomor satu di Korem 101/Antasari ini juga menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan fungsi kontrol dan pusat komando di lapangan maka dibangun Posko Utama.

Penyiapan posko utama yang dibangun di tengah pembukaan lahan pertanian di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala itu sudah mencapai 60 persen dan sekarang pembangunannya dalam tahap penyelesaian.

“Posko utama ini sebagai pusat komando untuk koordinasi dan pengumpulan data laporan pekerjaan penyiapan lahan,” tambahnya.

Untuk sementara Posko Utama yang digunakan adalah bangunan kecil yang berada jauh dari lokasi pembukaan lahan.

“Posko Utama yang ada sekarang kurang strategis karena jauh dari lokasi pembukaan lahan yang tengah digarap,” ujarnya.

Danrem mengajak semua pihak untuk menyatukan niat sinergitas agar HPS 2018 terlaksana dengan sukses dan sesuai harapan bersama.

“Niatkan sinergitas HPS 2018 agar lahan 750 hektar dan 3.250 hektar selesai sesuai target dengan terus bekerja, bekrja dan bekerja dengan niat tulus semoga mendapat Ridho Tuhan Yang Maha Esa,” ajak Danrem Putrajaya.

Ditempat terpisah, Kasi Teritorial Korem 101/Antasari Letkol Inf Imam Mochtarom menjelaskan, untuk target penanaman bibit unggul 140 hektar, sudah terealisasi tahap semai dan penanaman.

“Setelah itu, kita melanjutkan normalisasi saluran air di area 240 hektar dan 510 hektar. Sedangkan di area 3.250 hektar, masih membuat Survei Investigasi dan Desain (SID) atau konsep pra cetak sawah,” ujar Imam menerangkan. (Metro7/sari)