Desa Membangun Negeri
Selasa, 15 Sep 2020 11:16 WIB

Penyaluran BLT DD II Malaka Sudah Jalan

Reporter :  Fabianus Bria - Kab. Malaka - NTT
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MALAKA, metro7.co.id – Progres penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi masyarakat di 127 desa se-Kabupaten Malaka yang terdampak pandemi covid-19, sejak kwartal pertama bulan April hingga Juni dengan prosentasi penyalurannya 100 %, sedangkan untuk kwartal 2 bulan ke 4 dan 5 sudah mencapai presentase 25 %.

Hal ini diungkapkan oleh koordinator tenaga ahli P3MD Kabupaten Malaka, Daniel Mahodin, ketika diwawancarai oleh metro7.co.id melalui sambungan telepon dan pesan singkat WhatsApp, Senin (14/9/2020) malam.

“Bahwa progres BLT DD untuk¬† kwartal pertama bulan April, Mei, dan Juni sudah 100%. Sedangkan untuk kwartal kedua, bulan ke empat untuk Juli, Agustus, sudah 43 desa, bulan ke lima 4 desa dari 127 desa se-Kabupaten Malaka”, tandasnya Daniel.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk Dana Desa yang baru masuk di rekening untuk bulan ke empat tanggal 31 agustus 2020 mengalami keterlambatan. Alasannya:

  1. Pemerintah Desa terlambat menyampaikan SPJ tahap satu ( 40 % )
  2. Pemerintah desa terlambat input data realisasi ke aplikasi Omspan sesuai laporan konsuludasi dan realisasi
  3. Sebagian desa belum melakuakan perubahan APB-DES tahun 2020 terkait tambahan BLT 300 / KK untuk bulan 4, 5 & 6
  4. Kades atau Penjabat desa apatis menjadwal penyaluran BLT padahal dana BLT sudah di rekening desa.

Ditambahkannya lagi bahwa badan keuangan lambat, dalam permintaan transfer Dana Desa dari KKPN Atambua ke rekening desa, sehingga ada kevakuman waktu penyaluran BLT.

Halaman: 1 2

CLOSE