Desa Membangun Negeri
Kamis, 17 Sep 2020 19:21 WIB

Penyetrum Ikan di HSS Bakal Disanksi Tegas

Reporter :  M Syaibatul - Kab. HSS, Kalimantan Selatan
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

KANDANGAN, metro7.co.id – Mengantisipasi penangkapan ikan secara ilegal yang menggunakan setrum atau bahan berbahaya lainnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengelar Rapat Forum Kordinasi Penanganan Tindak Pidana Bidang Perikanan Tahun 2020 di Aula Rakat Mufakat Kantor Setda, Kamis (17/9/2020).

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, yang menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya akan diupayakan penguatan sarana dan prasarana serta penguatan teknologi dalam upaya pencegahan dan penindakan pelaku ilegal fishing.

Selain itu juga jika memungkinkan akan dibentuk sebuah koperasi yang akan menginventaris para penyetrum dan tengkulak untuk diberi pembinaan.

Kemudian akan terus dilakukan patroli bagi penyetrum dan diberikan tindakan tegas dan penegakan hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

Dalam wawancara usai rapat, Wabup menghimbau kepada masyarakat yang saat ini masih melakukan penangkapan ikan secara ilegal untuk segera berhenti.

Agar siklus perairan dan perikanan di HSS menjadi natural dan bisa dimanfaatkan secara bersama dan terus menerus untuk generasi yang akan datang.

Halaman: 1 2 3

CLOSE