oleh

Penyuluh KPH Cantung Belajar Pengolahan Asap Cair, untuk Bahan Pengental Karet

BANJARBARU – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung mengikutsertakan penyuluh dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengolahan Asap Cair, Sabtu (19/10), yang diselenggarakan Dinas Kehutanan Kalsel di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

Bimtek ini menghadirkan narasumber, Budi Rahmat dari CV Novalindo Utama Engineering Surabaya.

Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Cantung, Syafrizal Faudzan mengatakan tujuan diutusnya perwakilan KPH Cantung dalam kegiatan bimtek agar anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) dapat mengoperasionalkan mesin pengolah asap cair sebelum didistribusikan dan diinstalasi.

Mesin pengolah asap cair ini mampu mengubah 100 kg bahan bakar menjadi 25 liter asap cair. Asap cair merupakan hasil destilasi pembakaran kayu berbentuk cair yang dilakukan di dalam alat secara terkontrol.

Adapun asap cair ini bermanfaat untuk pengentalan getah karet, campuran bahan pembersih kandang, insektisida, membersihkan bau limbah, dan lain-lain.

“KPH Cantung mendapat bantuan satu buah alat pengolahan asap cair. Rencana penerima bantuan adalah KTH Hampang Sejahtera, Desa Hampang. Kami akan membantu memfasilitasi KTH menyiapkan surat pernyataan bersedia membuat rumah asap cair swadaya dan bertanggung jawab menjaga dan memelihara alat tersebut,” kata Syafrizal melalui siaran persnya.

Ia berharap ada transfer ilmu dari penyuluh yang mengikuti bimtek kepada anggota KTH yang mendapat bantuan mesin pembuat asap cair. (metro7/syn).