Koran Metro7 Online

Perangkat Desa Mazingo Ikuti Pelatihan Komputer

NIAS UTARA, metro7.co.id – Pemerintah Desa Mazingo, Kecamatan Alasa Talumuzoi, Kabupaten Nias Utara, Sumatra Utara, menyelenggarakan kegiatan pelatihan komputer untuk perangkat desa, Selasa (20/7/2021) di balai posyandu setempat.

 

Janmar Zalukhu, Kepala Seksi Pemerintahan, menyatakan tujuan pelatihan ini untuk membekali aparat desa dalam penguasaan teknologi informasi (IT). Sehingga, dapat memberikan layanan secara cepat dan efisien pada masyarakat, dan untuk peningkatan kapasitas atau kemampuan aparat Desa.

 

“Fasilitas dan pembiayaan pelatihan ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dan sekaligus penyerahan Laptop kepada perangkat desa sebanyak 12 unit, demi menunjang tugas masing-masing aparat desa,” katanya.

 

Menurut Janmar, pelatihan ini merupakan realisasi program kemitraan antara beberapa lembaga dan masyarakat Desa Mazingo dengan Pemerintah Desa Mazingo. Adapun materi pelatihan meliputi program MS office dan desain grafis. Hal ini diberikan secara intensif dengan metode belajar kemudian praktek langsung. 

 

Kepala Desa Mazingo Arman Zalukhu menyatakan, pelayanan prima adalah target yang ingin dicapai pemerintah Desa Mazingo. “Karena itu, seluruh aparat desa harus memiliki kemampuan mengelola segala masalah desa dengan cerdas, efektif, dan efisien melalui penguasaan teknologi informasi,” ujarnya.

 

Menurut dia, rata-rata aparat Desa Mazingo relatif masih muda dan masih banyak waktu untuk belajar meningkatkan keahlian di bidang IT. Agar profesional dalam memberikan layanan kepada masyarakat, kata Arman, aparat desa harus dibekali keahlian komputer. 

 

”Keterampilan menggunakan teknologi informasi inilah yang akan kami terapkan dalam sistem layanan penyelenggaraan pemerintah desa ke depan,” pungkasnya.[]