oleh

Peringati HKN ke 55, Tabalong Gelar Beragam Kegiatan Bakti Sosial

TANJUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019, kegiatan puncak peringatan HKN dilaksanakan bertepatan hari peringatan H K N ke 55 Selasa (12/11/2019) di Gedung Saraba Kawa Kota Tanjung .

Dalam puncak peringatan HKN ini ribuan insan kesehatan se Kabupaten Tabalong memadati ruang Gedung Saraba Kawa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong H.Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan hari kesehatan nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya, dan pada tahun 2019 ini merupakan tahun yang ke 55, tahun ini hari kesehatan nasional bertemakan,”Generasi Sehat Indonesia Unggul, yang sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemampuan, dan berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam rangka memeriahkan hari kesehatan ke 55 ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong bersama jajaran yang terdiri Rumah Sakit Umum Daerah H.Badaruddin Kasim, Rumah Sakit Pertamina dan seluruh Klinik di Kabupaten Tabalong mengadakan beberapa agenda kegiatan, yang mana antara lain peringatan HKN Ke 55 ini dilakukan kegiatan bhakti sosial berupa donor darah, pengobatan massal, senam bersama, perlombaan olah raga, lomba merangkai bunga dan sayur, lomba memasak dan sebagainya.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh semua instansi kesehatan se Tabalong, dan kegiatan kita mulai sejak tanggal 28 Oktober 2019 hingga puncaknya pada tanggal 12 November 2019, dengan jumlah cabang lomba ada 22 lomba,” katanya.

Rangkaian kegiatan juga merupakan ajang silaturahmi karena selama ini sibuk di instansi masing-masing terutama bagi insan kesehatan yang bertugas di Puskesmas-Puskesmas di Wilayah Utara, Tengah dan Selatan.

Jadi seluruh insan kesehatan ikut berhadir pada kegiatan lomba dalam rangka silaturahmi untuk mempererat persaudaraan, tujuan peringatan HKN untuk memberikan kebahagiaan, dan penghargaan kepada seluruh karyawan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus mengedukasi, mengajak dan memberikan tanggung jawab kepada masyarakat agar menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun lingkungannya, prilaku hidup bersih dan sehat ini diharapkan dapat ditanamkan sejak usia dini agar tumbuh mengakar menjadi budaya Indonesia , khususnya bagi masyarakat Kabupaten Tabalong,” katanya.

Wakil Bupati Tabalong H.Mawardi sebelum membacakan teks tertulis sambutan Menteri Kesehatan, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat hari kesehatan nasional ke 55 tahun 2019.

“Semoga Genarasi Sehat Indonesia Unggul, dan Kabupaten Tabalong selalu terdepan, khususnya dibidang kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Tabalong H.Mawardi didampingi isteri Hj Eka Noor Efiani juga melakukan pemotongan nasi tompeng menandai puncak peringatan hari kesehatan nasional di Tabalong. (metro7/Via).