oleh

Permudah Layanan Perizinan Tata Ruang, Dinas PUPR Ekspose Simataru

TANJUNG – Untuk mempermudah memberikan pelayanan rekomendasi perizinan terkait peruntukan tata ruang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong Senin ( 15/4/2019 ) menggelar kegiatan Ekspose Updating Sistem Informasi Tata Ruang (SIMATARU) di Aula Kantor Dinas PUPR.

Ekspose menghadirkan pamateri dari pihak konsultan PT.Prades Indo Darren Bandung.

Dalam paparan materinya, Tim Ahli Yasmi Afrizal didampingi Direkturnya Riyan Zulian Mukti menguraikan bahwa sebuah aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait perizinan untuk tata ruang yang menjadi kewenangan Dinas PUPR.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong H.M.Noor Rifani mengatakan bahwa untuk pengembangan Wilayah, baik di Kecamatan maupun di Wilayah Kabupaten perlu memperhatikan kawasan-kawasan, misalnya wilayah pengembangan industeri harus sesuai dengan tentuan yang ada.

“Sehingga kegiatan ekonomi, dan kegiatan pembangunan lainnya bisa tepat sasaran, kemudian dengan adanya tata ruang dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Pemberian perizinan tata ruang Dinas PUPR tetap memperhatikan Peraturan Daerah (Perda) tentang tata ruang.

Dengan menggunakan sistem aplikasi akan memudahkan bagi masyarakat, dunia usaha, dan stake houlder terkait tentang peruntukan tata ruang.

Sehingga perizinan-perizinan yang diajukan akan mudah sekali dan tidak perlu lagi orang harus datang ke Dinas PUPR, cukup mengakses melalui aplikasi saja, dan ini juga dalam rangka nendukung Kabupaten Tabalong yang akan menjadi Smart City.

“Saat ini kami sedang menyusun dan membuat loket pelayanan infrastruktur, mudah-mudahan diawal bulan Mei 2019 memdatang bisa dilakukan launching oleh pak bupati,” katanya.

H.M.Noor Rifani juga berharap dengan adanya pelayanan terpadu satu pintu ini masyarakat bisa lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih cepat dalam rangka mendapatkan layanan, mendapatkan rekomendasi ataupun perizinan yang ada di Dinas PUPR.

Aplikasi ini juga diharapkan bisa berjalan dan dimanfaatkan secara maksimum oleh masyarakat dan dunia usaha, sehingga benar-benar aplikasi yang dibuat ini bisa memberi manfaat yang banyak kepada masyarakat dan dunia usaha yang ada di Kabupaten Tabalong. (metro7/via).