oleh

Persiapan Menjelang Popda Kalsel, Tabalong Seleksi Para Atlet

TANJUNG – Menghadapi penyelengraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 4 April 2020, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) melakukan seleksi terhadap atlet-atet Cabang Olahraga (Cabor) yang akan mewakili Kabupaten Tabalong pada ajang Popda mendatang.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Kabupaten Tabalong, Rahmanto disela-sela kegiatan seleksi atlet cabor pencak silat Selasa (25/2/2020) di GOR Pembataan Tanjung mengatakan untuk Popda tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Banjarmasin dengan mempertandingkan 8 cabor.

“Karena itu kita saat ini sedang melakukan seleksi terhadap para atlet yang akan mewakili Tabalong,” katanya.

Fungsi dan manfaat dari seleksi ini adalah untuk mencari yang terbaik dari pada yang baik, hasil yang terbaik nanti mereka merupakan duta atlet dari Tabalong yang mewakili di tingkat Provinsi yang selanjutnya diserahkan kepada masing-masing cabor untuk melakukan pembinaan atau pelatihnya yang ditunjuk untuk mengkoordinir pelatihan menjelang keberangkatan ke Popda tingkat provinsi.

“Sementara ini cabor yang diunggulkan, yang pertama pencak silat mengingat tahun sebelumnya telah mewakili Tabalong ke Solo dalam rangka Popwil dan atlet tersebut masih berpotensi untuk tahun sekarang. Kemudian cabor bola basket dan bulu tangkis juga sebagai cabor unggulan kita,” katanya.

Kepala Dispora Kabupaten Tabalong, Tumbur Manalu mengatakan proses seleksi yang dilaksanakan dalam rangka menyiapkan atlet Kabupaten Tabalong yang akan mengikuti Popda 2020, sesuai dengan DPA yang ada Dispora melaksanakan seleksi atlet untuk 8 cabor atau cabor yang sudah ditentukan oleh pihak Provinsi.

Pada dasarnya seleksi ini adalah untuk menjaring atlet-atlet potensial dari 8 cabor yang diharapkan bisa memberikan prestasi dan nantinya memberikan dampak untuk peningkatan klasmennya Kabupaten Tabalong pada Popda mendatang.

Sementara Ketua Cabor Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tabalong, H Akhmat Helmi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi diadakannya seleksi terhadap para atlet yang akan mengikuti Popda.

Pihaknya juga berharap nantinya khusus atlet-atlet pencak silat yang tergabung dalam beberapa perguruan di Tabalong, baik putra maupun putri yang berpristasi tidak memilih asal perguruan, artinya setiap atlet yang berpristasi berpeluang untuk dikirim ke ajang kejuaraan Popda di Banjarmasin.

“Kami dari IPSI Tabalong juga berharap agar data atlet-atlet yang akan dikirim tidak ada manipulasi data atlet, sehingga pada saat atlet dikirim untuk bertanding tidak akan ada masalah,” katanya.

“Jadi kami berharap sekali data -data atlet yang dinyatakan lulus nanti benar-benar valet,” tegas Helmi lagi.

Untuk prestasi kedepannya pihaknya sangat mendukung kegiatan seleksi ini, dan berharap IPSI Tabalong bisa menyumbang bibit-bibit baru atau atlet-atlet muda-muda untuk bisa berprestasi kejenjang yang lebih tinggi. (metro7/via).