oleh

Persiapan UN dan Masuk Perguruan Tinggi, Murid SMA Dibantu Belajar Online

TANJUNG – Adaro Foundation berkolaborasi dengan Persada Capital Investama, dan Ruang Ruru menggelar kegiatan Program Indonesia Learning Fellowship (ILF), Sabtu tadi di Gedung Pusat Informasi Tanjung.

ILF merupakan program pendampingan belajar online untuk mempersiapkan peserta didik berpresrasi kelas 9 dan 12 dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) dan seleksi masuk perguruan tinggi melalui fitur digitalbootcamp, try out, video belajar dan latihan soal, di mana semua bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru.

Zuraida Murdia perwakilan dari Adaro Foundation mengatakan untuk fase ILF saat ini dari tahun 2019 hingga Agustus 2020.

Dimana sesuai dengan program target pendidikan di CSR adalah bagaimana menyiapkan masyarakat untuk memiliki pendidikan yang terbaik.

“Kita akan bantu anak di Kabupaten Tabalong bisa menempuh pendidikan tinggi,” katanya.

Dipastikannya, dengan program ILF ini terbukti membantu peserta didik dalam belajar dan persiapannya untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dengan 56% penerima beasiswa ILF kelas 12 yang diterima di PTN.

M Faisol Tanjung selaku perwakilan dari Ruang Guru sekaligus narasumber mengatakan semua peserta program ILF dikumpulkan untuk melakukan aktivasi pembelajaran dan pengenalan program.

Dia menambahkan jika peserta didik mendaftar sendiri, lalu dari Ruangguru melakukan seleksi dan mereka yang terpilih dapat mengikuti program ILF sesuai dengan ketentuan.

“Program ini khusus untuk mendampingi peserta didik SMA, dan di Tabalong itu untuk persiapan Ujian Nasional (UN) hingga masuk Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Salah satu produk unggulan Ruang Guru yaitu ruang belajar yang menawarkan video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman berbentuk infografis serta try out persiapan ujian.

Terdapat 6 Kabupaten di Indonesia yang mengikuti program ILF angkatan 2019/2020 dengan 1200 peserta khusus untuk peserta didik kelas 12 SMA. Khusus di Kabupaten Tabalong diikuti oleh 200 peserta didik dari 14 sekolah se-kabupaten.

Sementara itu Bupati Tabalong yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Masdulhaq Abdi mengatakan, bantuan melalui program ILF ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian bersama kepada putera puteri daerah Tabalong dalam menghadapi UN atau SBMPTN melalui bimbingan belajar Ruang Guru.

Diharapkan dengan program ILF ini, kualitas pendidikan yang ada di Tabalong meningkat dan dapat membantu peserta didik dalam mewujudkan impian masuk ke PTN yang diinginkan.

“Pemberian bantuan ini juga merupakan salah satu program yang sejalan dalam upaya mempercepat tercapainya visi Kabupaten Tabalong, yakni menuju masyarakat yang lebih cerdas,” tutur Abdi saat menyampaikan sambutan. (metro7/hrd)