oleh

Pesta Adat Balian Tandik Jadi Destinasi Wisata Kotabaru

-Kotabaru-515 views

KOTABARU – Bupati Sayed Jafar Al Idrus beserta jajaran menghadiri puncak perayaan Pesta Adat Balian Tandik, Pemujaan Goa Temu Luang, di Balai Adat Pangkalan, Desa Bangkalaan Dayak, Kecamatan Kelumpang Hulu. Minggu, (5/1/20).

Sayed Jafar mengungkapkan sangat mengapresiasi digelarnya pesta adat dayak. Pesta adat ini merupakan ucapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan yang telah memberikan rezeki yg melimpah melalui Goa Temu Luang.

Sayed menghendaki kedepannya pemerintah akan mengemas ritual adat ini bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga agar lebih meriah, sehingga bisa menjadi salah satu Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru.

“Nantinya infrastruktur jalan khususnya yang ada di tempat ini akan kami perbaiki lagi, agar memudahkan akses menuju tempat ini sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat,” tukas Sayed.

Adapun Herdinan, Kepala Desa Bangkalaan Dayak mewakili masyarakat sangat berterimakasih Bupati Kotabaru dapat menghadiri pesta adat ini walaupun agenda bupati sangat banyak.

“Kami sangat bersyukur Bupati Kotabaru bisa menghadiri pesta adat kami ini secara langsung, walupun sempat menunda beberapa agenda beliau,” ujar Herdinan.

Acara ritual adat ini sendiri merupakan ucapan rasa syukur masyarakat karena telah diberikan rezeki melimpah karena adanya Goa Temu Luang yang ada desa ini

Pada kesempatan itu juga bupati memberikan bantuan berupa kartu BPJS Kesehatan serta Pojok Suami Program PAK Bamega. (metro7/syn).