oleh

Petani Dibantu Mesin Panen

PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hultikultura Perternakan dan Perikanan (PTPHPP) Balangan serahkan mesin bantu panen padi. Jum’at (07/10) kemerin di kantor Dinas Perternakan TPH Peternakan dan Perikanan Balangan.
 Bupati Balangan H Ansharuddin yang didampingi Sekdakab Balangan Ir Ruskariadi, dan Kepala Dinas Pertanian TPH Peternakan dan Perikanan Balangan Tuhalus serahkan bantuan Mesin perontok padi dan Mesin Panen padi (Combine Harvester  Tractor) kepada ketua kelompok Tani.
 “Bantuan yang kita berikan kali ini semata untuk membantu para petani untuk mempermudah dan mempercepat proses panen padi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian TPH Peternakan dan Perikanan Balangan Tuhalus kepada Metro 7 .
 Disebutkanya, pihaknya dalam kesempatan kali ini menyerahkan 24 Mesin bantu panen padi (Combine Harvester  Tractor) dan mesin perontok padi (Power Thereser) sebanyak 4 unit kepada masing-masing kelompok tani.
 “Kita bagikan satu per satu kepada kelompok tani, yang memang menurut penilaian tim kami dilapangan memang layak mendapatkannya,” ujar Tuhalus.
 Total, lanjut Tuhalus, selama tahun 2016 ini, pihaknya sudah menyerahkan sebanyak 47 unit Combine Harvester  Tractor yang diantaranya ada yang berukuran besar, sedang, dan kecil, Power Threser sebanyak 200 unit, Hand Tracktor roda 2 sebanyak 150 unit, Hand Tracktor roda 4 sebanyak 2 unit, dan Hand Sprayer sebanyak 1000 buah.
 “Semua bantuan yang kita serahkan kepada kelompok tani itu, pengadaannya ada yang dari APBN dan dari APBD,” Jelasnya.
 Lebih lanjut Tuhalus mengharapkan para petani padi bisa lebih memperhatikan dan menjaga alat-alat bantu pertanian yang pihaknya berikan, supaya bisa mensukseskan program tanam dua kali dalam satu tahun agar kabupaten yang berjuluk Bumi sanggam ini bisa surplus padi.
 Sementara Bupati Balangan H Ansharuddin dalam kesempatan itu mengatakan dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak Dinas Pertanian TPH Peternakan dan Perikanan kepada kelompok petani. Bantuan-bantuan yang telah diberikan tersebut, tentu sangat membantu para petani dalam proses bertanam sampai dengan memanen padi.
 “Kita optimis, dengan bantuan yang pemerintah berikan kabupaten balangan bisa swasembada pangan bahkan bisa surplus padi,” Ujarnya.
 Ashar berharap, bantuan alat yang pemerintah berikan, bisa dirawat dengan baik, supaya bisa digunakan terus menerus.
 “Tolong alat dan mesin pertanian yang sudah diserahkan, bisa dirawat dengan baik-baik, karena itu sudah menjadi inventaris kelompok tani, dan semua tanggung jawab terhadap alat tersebut tentunya juga di pegang oleh kelompok tani itu sendiri,” pungkasnya. (metro7/wnd)