Desa Membangun Negeri
Rabu, 7 Okt 2020 10:42 WIB

Pilkada Serentak 2020, Pemkab Siak Gelar Ikrar Netralitas ASN

Reporter :  Yogie Setiawan - Kab. Siak, Riau
Editor :  M Ali Nafiah Noor

Indra berharap, ASN Pemkab Siak tidak mengajak dan memanfaatkan jabatan maupun fasilitas untuk mendukung salah satu calon.

Ketua KPU Siak, Agus Rizal mengapresiasi langkah Pemkab Siak yang telah menggelar ikrar netralitas sebagai bentuk kesiapan mereka untuk menegakkan panduan bagi ASN terkait pelaksanaan pilkada 2020.

“Ini momentum yang bagus, karena menunjukan kepada masyarakat bahwa ASN dan penghulu itu netral tidak ikut politik praktis,” kata Agus.

Komisioner Bawaslu Siak, Zulfadli Nugraha juga mengingatkan ASN dan Penghulu tidak ada yang terlibat dalam politik praktis pada pelaksanaan Pilkada tahun ini dan tetap bersikap netral dengan tidak memihak salah satu pasangan calon.

“ASN dan penghulu harus netral agar tidak ada yang terjerat masalah hukum, jika ternyata ada yang melanggar, akan kami proses di Bawaslu,” ujarnya.

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran, Bawaslu Siak telah menempatkan tenaga pengawasan di kampung-kampung dan kecamatan.

Zulfadli juga berpesan agar setiap tahap pelaksanaan pilkada di Kabupaten Siak bisa dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. “Dengan harapan, pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tidak menjadi klaster penyebaran covid-19,” tutupnya.***

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas