MANGGARAI BARAT, metro7.co.id – Logistik Pilkada Serentak 2020 mulai berdatangan. Di Kabupaten Manggarai Barat misalnya, sebanyak 586 buah kotak suara Pilkada telah tiba di gudang KPU Mabar, Kamis (5/11/2020) pukul 15.20 WITA.

Kasubag Umum Logistik Pemilu KPU Mabar, Benediktus Bagung kepada wartawan di gudang KPU Mabar menjelaskan, 586 kotak suara yang tiba hari ini sesuai dengan jumlah TPS di Kabupaten Manggarai Barat.

“Logistik pilkada yang tiba hari ini hanya kotak suara jenis kardus sebanyak 586 buah sesuai jumlah TPS di Mabar. Pengadaan logistik pilkada langsung oleh KPU pusat,” jelasnya.

Ditanya tentang bilik suara, Benediktus mengatakan belum datang. “Dalam waktu dekat. Satu TPS ada tiga bilik suara. Totalnya 1758 bilik suara. Tetapi bilik suara yang datang dalam waktu dekat jumlahnya 1000 bilik suara. Karena 758 buah masih pakai bilik suara yang lama,” ujarnya.

San, sopir mobil ekspedisi mengaku kotak suara diangkutnya dari Surabaya. Selain untuk KPU Mabar, dum truk itu juga mengangkut kotak suara untuk KPU Manggarai dan KPU Ngada.

“Kami start dari Surabaya pada Rabu subuh kemarin menumpang KMP Niki Bharoka. Tiba di dermaga Labuan Bajo pukul 15.00 Wita,” ujarnya.

Terpantau metro7.co.id, sebuah dum truk “Torena” Joker Merah bernomor plat L 9286 UD meluncur ke gudang KPU Mabar yang terletak di kawasan Cowang Dereng, Desa Batu Cermin, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.

Aktivitas bongkar muatan kotak suara dilakukan oleh para staf KPU Mabar dijaga ketat oleh dua personil kepolisian dari Polres Mabar. *