oleh

Pilkades Sistem E-Voting Sukses di Tabalong

TANJUNG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak khususnya sistem e voting di Kabupaten Tabalong sukses. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (22/08/2018) di 57 desa.

Sebanyak 57 desa se Kabupaten Tabalong melaksanakan Pilkades 2019, dan dari 57 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, ada 3 desa yang menyelenggarakan pemilihan menggunakan sistem e-voting yaitu desa Kambitin Kecamatan Tanjung, desa Tanta Kecamatan Tanta, dan desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

Wakil Bupati Tabalong H Mawardi dengan Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto, bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda H.Zulfan Noor, Kepala Dinas Kominfo Febriadin Hafiz, langsung turun meninjau jalannya pelaksanaan Pilkades di desa Kambitin dan desa Tanta.

Wakil Bupati Tabalong H.Mawardi kepada sejumlah awak media mengatakan pemilihan kepala desa ditiga desa yang menggunakan program sistem e-voting dibanding dengan pemilhan kepala desa seperti biasa terlihat lebih praktis, mudah, dan tidak banyak memakan waktu.

“Alhamdulillah dari 57 pemilihan kepala desa serentak, kita melaksanakan sistem e-voting di tiga desa, dari dua desa yang kami tinjau tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan e-voting,” katanya.

Kalau sistem e-voting ini berhasil maka dalam kegiatan pilkades dan pemilu yang akan datang semuanya melaksanakan sistem e-voting seperti ini.

Sementara Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm.Edy Susanto mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Daerah dan pihak Polres Tabalong, Kodim 1008/Tanjung berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa ini berjalan dengan tertib, aman, damai, sejuk sehingga bisa terpilih kepala desa yang memang berkompeten sesuai dengan hati nurani masyarakat.

“Dengan sistem e-voting diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain, atau Kabupaten lain yang juga akan melaksanakan pilkada,” katanya (metro7/via).