oleh

Pilot Garuda Indonesia : Jalur Penerbangan Indonesia, Jalur Neraka

JAKARTA – Pilot Garuda Indonesia, Jeffrey Adrian mengatakan, bahwa sinyal handphone tidak lagi mempengaruhi dalam sebuah penerbangan.
“HP tidak terpengaruh, malah disediakan fasilitas seperti itu sekarang,” ujar Jeffrey dalam diskusi Polemik Sindo Radio di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (12/5/2012).
Namun, Jeffrey tak memungkiri bahwa banyak pilot asing yang menyebut jalur penerbangan di Indonesia sebagai jalur neraka. Hal itu karena banyaknya frekuensi dari radio maupun handphone yang bocor dan mengganggu penerbangan.
“Frekuensi radio, CDMA, GSM masuk ke kita, ada lagu dangdut, lagu jazz, pembicaraan orang bocor masuk ke pesawat, bahkan phone seks. Makanya pilot asing bilang jalur Indonesia jalur neraka. Kita masuk neraka. Kalau sudah masuk Indonesia harus konsentrasi penuh,” paparnya.
Sementara Pengamat Penerbangan, Samudra Sukardi mengatakan, larangan menyalakan handphone dalam perjalanan di pesawat diatur dalam regulasi internasional. Hal itu dimaksudkan agar tak mengganggu frekuensi penerbangan.
“Secara security ada kekhawatiran, khususnya saat take off dan landing paling bahaya. Secara teknis tidak masalah, tapi secara regulasi diatur karena khawatir bisa mengutak atik frekuensi,” tuturnya. (Sumber www.okezone.com)