oleh

PKS dan Pocil Sukses Rekatkan Polisi dan Pelajar

TAMIANG LAYANG – Polres Barito Timur (Bartim) Polda Kateng siap berikan pembinaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Polisi Cilik (Pocil) bagi pelajar tingkat SMA, SMP dan SD atau sederajat.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy, SIK MH melalui Kasat Lantas Polres Bartim Iptu Sugeng saat diwawancarai awak media kemarin.

Dirinya mengatakan, saat ini pihaknya sudah membina dua sekolah yang ada di Bartim. Kedua sekolah tersebut yakni dari MAN 1 Dusun Timur dan MIN 1 Tamiang layang.

Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut adaah untuk menjalin komunikasi sehingga bisa terjalin hubungan keakraban antara polisi dan anak-anak, dan sejalan dengan program polisi sahabat anak.

“Saat ini kita sudah membina PKS dari MAN 1 Dusun Timur dan Pocil dari MIN 1 Tamiang Layang,” ungkap Sugeng.

Dirinya mengatakan, kalau ada sekolah lainnya yang ingin mendapatkan pelatihan PKS maupun Pocil dari Satlantas Polres Bartim maka dipersilahkan berkoordinasi dengan.

“Kalau ada sekolah lain yang ingin kita berikan pembinaan PKS dan Pocil, secara tehnis kami siap memberikan pembinaan, karena kita juga ingin menanamkan kedisiplinan kepada anak-anak pelajar, membangun karakter, mengajarkan kepatuhan tata tertib berlalu lintas sejak dini serta melatih mental mereka,”tuturnya.

Seperti diketahui, PKS dan Pocil dibawah binaan Satlatas Polres Bartim juga telah membawa harum nama daerah Bartim pada perlombaan tingkat Provinsi tahun 2018 lalu.

PKS dari MAN 1 Dusun Timur berhasil meraih juara Tiga, sedangkat Pocil dari MIN 1 Tamiang Layang dibawah satu tingkat yakni peringkat keempat.

Walaupun Bartim baru pertama kali mengikuti perlombaan tersebut namun sudah bisa bersaing dengan Daerah lain. Hal itu dibuktikan dengan mendapatkan juara tiga dan empat. (metro7/budi).